HUT RI dalam Suasana Pandemi, Warga Bengkulu Dilarang Gelar Lomba Panjat Pinang

HUT RI dalam Suasana Pandemi, Warga Bengkulu Dilarang Gelar Lomba Panjat Pinang
PERISTIWA | 6 Agustus 2020 23:04 Reporter : Lia Harahap

Merdeka.com - Panjat pinang menjadi tradisi tak terpisahkan saat perayaan Hari Kemerdeka RI. Tetapi di tengah pandemi Covid-19 yang melanda Tanah Air, warga diminta tak menggelar perlombaan panjat pinang.

"Lomba seperti panjang pinang, main bola kaki itu kan tidak mungkin dilaksanakan karena tidak bisa diterapkan protokol kesehatan Covid-19," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu Hamka Sabri di Bengkulu. Demikian dikutip dari Antara, Kamis (6/8).

Hamka menyebut, pada prinsipnya Pemerintah Provinsi Bengkulu membolehkan masyarakat untuk menggelar perlombaan untuk merayakan hari kemerdekaan dengan mematuhi standar protokol kesehatan seperti menjaga jarak antarpeserta lomba, menggunakan masker, disediakan hand sanitizer dan tempat cuci tangan.

"Kalau perlombaan silakan saja tetapi dengan catatan harus mematuhi protokol kesehatan, selagi bisa mematuhi protokol kesehatan dan panitia bisa menjamin ya boleh-boleh saja," paparnya.

Hamka menambahkan, pihaknya akan mengeluarkan surat edaran terkait pembatasan kegiatan pada peringatan hari kemerdekaan nantinya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni meminta masyarakat yang akan menyelenggarakan perlombaan pada perayaan hari kemerdekaan untuk menyiapkan seluruh protokol kesehatan seperti menyiapkan pembersih tangan dan mewajibkan peserta menggunakan masker.

Selain itu, dia juga mengajak masyarakat setempat untuk menyelenggarakan perlombaan yang dapat memberikan kebugaran tubuh seperti perlombaan olahraga ketimbang perlombaan yang hanya hiburan semata.

"Jumlah pesertanya juga harus terbatas, tidak boleh kerumunan dan harus menjaga kontak fisik agar jangan terlalu dekat," demikian Herwan. (mdk/lia)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami