Hutan Papandayan Terbakar, Wisatawan dan Pendaki Diimbau Waspada

PERISTIWA » BANYUWANGI | 7 Oktober 2019 09:42 Reporter : Mochammad Iqbal

Merdeka.com - Kawasan hutan Gunung Papandayan, tepatnya sekitar pos tiket pos wisata alam terbakar Minggu (6/10) siang. Api menjalar hingga ke beberapa titik lainnya di kawasan gunung yang dulunya berstatus cagar alam tersebut hingga melahap belasan hektare lahan hingga Senin (7/10) dini hari.

Kepala Bidan Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan menyebut bahwa kebakaran terjadi sejak Minggu (6/10) sekitar pukul 13.00. "Api baru bisa dipadamkan dini hari tadi, atau sekitar pukul 00.30," ujarnya, Senin (7/10).

Tubagus menyebut bahwa luas lahan yang terbakar akibat kebakaran tersebut sekitar 10 sampai 15 hektare. Luasnya lahan yang terbakar sendiri karena proses pemadaman dilakukan secara manual dibantu petugas pemadam kebakaran.

"Untuk penyebab kebakarannya kita belum bisa ketahui, apakah karena alami atau karena adanya unsur kelalaian manusia. Dua penyebab itu bisa saja memicu. Secara alamiah, bisa saja karena gesekan di kondisi yang panas ditambah kondisi dedaunan sekitarnya yang kering sehingga mudah terbakar," katanya.

Dengan adanya kebakaran ini, Tubagus mengimbau wisatawan atau pendaki Gunung Papandayan senantiasa waspada saat melakukan aktivitas disana. Menurutnya kebakaran bisa saja kembali terjadi lalu menjalar ke lokasi yang biasa dijadikan tempat beraktivitasnya para wisatawan dan pendaki.

Tubagus pun mengimbau kepada para wisatawan dan pendaki agar tidak melakukan aktivitas yang mengundang terjadinya kebakaran hutan. "Jangan melakukan kegiatan pembakaran sembarangan atau membuang puntung rokok sembarangan," ucapnya.

Baca juga:
Hutan di Lereng Gunung Sumbing Terbakar
13 Pendaki Gunung Raung Terjebak Kebakaran Dievakuasi, 7 Merupakan Warga Singapura
BPBD Banyuwangi: Tidak Ada Pemadaman Kebakaran di Gunung Raung
10 Relawan Asal Jember Bantu Evakuasi Pendaki Terjebak di Gunung Raung Terbakar
13 Pendaki Terjebak Akibat Gunung Raung Terbakar Dievakuasi
Ini Identitas 7 WN Singapura dan 6 WNI yang Diduga Terjebak Kebakaran Gunung Raung

(mdk/rhm)