Hutan Sisi Timur Gunung Lawu Terbakar, Api Meluas Karena Angin Kencang

PERISTIWA | 15 November 2019 22:31 Reporter : Erwin Yohanes

Merdeka.com - Hutan pinus sisi timur di Gunung Lawu terbakar. Kebakaran terjadi tepatnya di perbatasan Desa Sukowidi, Magetan dengan area perhutani yang terbakar.

Kepala Desa Sukowidi Sutopo mengatakan, kebakaran terjadi di atas areal hutan pinus milik perhutani. Namun untuk penyebabnya belum diketahui pasti.

"Tidak tahu kalau penyebabmya. Warga jam 08.30 WIB melihat kepulan asap dari atas hutan pinus perbatasan antara Sukowidi dengan area perhutani itu," ujarnya Jumat (15/11).

1 dari 2 halaman

Warga Buat Ilaran

Sutopo menambahkan, dirinya bersama warga naik ke atas gunung untuk membantu memadamkan api. Warga membuat ilaran agar api tidak merambat ke wilayah perkebunan warga.

"Warga langsung naik membuat ilaran. Kalau lokasi masih jauh dari perkebunan warga masih sekitar 4 kilometer, imbuhnya.

Besarnya angin yang bertiup membuat api cepat membesar membuat hutan yang terbakar cepat meluas. Hingga Jumat sore kebakaran hutan di Gunung Lawu meluas ke arah Utara Gunung Lawu.

"Yang Selatan sudah padam, tapi api tiba-tiba naik ke arah Utara," ucap Sutopo.

2 dari 2 halaman

Warga Gotong Royong Padamkan Api

Sementara, beberapa warga Desa Sukowidi Kabupaten Magetan Jawa Timur naik ke atas hutan Gunung Lawu turut memadamkan api yang membakar hutan.

Salah satu warga Sukowidi, Supena mengatakan, ratusan warga membuat ilaran dan memadamkan api dengan peralatan seadanya. "Kita buat ilaran dan memadamkan api dengan peralatan seadanya pakai gepyok," terangnya.

Supena menambahkan, kebakaran yang terjadi sekitar pukul 08.30 WIB cepat sekali merambat ke wilayah hutan lainnya karena tebalnya rumput ilalang yang mengering. Musim kemarau panjang membuat sebagian besar rumput ilalang di Gunung Lawu mudah terbakar karena kering.

"Rumput terbakar yang terbawa angin dan jatuh di ilalang kering langsung terbakar. Apalagi angin cukup kencang kearah Utara," pungkasnya. (mdk/ray)

Baca juga:
Luas Area Terbakar di Gunung Arjuno Mencapai 3.000 Hektare
Polisi Tetapkan Dua Tersangka Kasus Kebakaran Hutan di Pegunungan Ijen
Polisi Tangkap Dua Tersangka Pembakar Pegunungan Ijen
Kebakaran di Gunung Ciremai Berhasil Dipadamkan
Kebakaran Gunung Ciremai Meluas

TOPIK TERKAIT