IDI Prediksi Kasus Baru Covid-19 di Jakarta Sepanjang Juni 2020 Fluktuatif

IDI Prediksi Kasus Baru Covid-19 di Jakarta Sepanjang Juni 2020 Fluktuatif
PERISTIWA | 2 Juni 2020 13:08 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memprediksi kasus baru Covid-19 di DKI Jakarta sepanjang Juni 2020 masih fluktuatif. Sehingga, new normal atau normal baru bisa diterapkan pada Juli mendatang.

Wakil Ketua Umum IDI, Muhammad Adib Khumaidi menjelaskan ada dua penyebab kasus baru Covid-19 di DKI Jakarta akan terjadi fluktuatif. Pertama, perayaan Lebaran Idul Fitri. Kedua arus balik Lebaran masih berlangsung.

"Jakarta masih harus dievaluasi dalam sebulan ke depan," katanya saat dihubungi Merdeka.com, Selasa (2/6).

Adib berpandangan new normal belum bisa diberlakukan di DKI Jakarta dalam bulan ini. Sebab, pascalebaran pemprov DKI dan pemerintah pusat harus mengevaluasi secara ketat penyebaran kasus.

Evaluasi yang sama harus dilakukan terhadap arus balik mudik. Paling tidak, penambahan kasus Covid-19 baru terlihat dua minggu setelah Lebaran dan arus balik.

"Bila dalam dua minggu ini ada balik mudik maka kita harus mengevaluasi dua minggu berikutnya karena masa inkubasi virus," jelasnya.

1 dari 1 halaman

New Normal Efektif Bulan Juli

Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Hermawan Saputra juga memperkirakan kasus Covid-19 di DKI Jakarta akan fluktuatif sepanjang Juni 2020. Salah satu penyebabnya, moda transportasi dari dan ke daerah penyangga ibu kota masih dibuka lebar.

"DKI Jakarta ini juga terancam dari hubungan darat. Misalnya dengan Banten, Jawa Barat, arus dari Jawa Tengah, Jawa Timur yang menuju ibu kota," ujarnya.

Hermawan melanjutkan, pihaknya merekomendasikan wacana new normal di DKI Jakarta baru bisa digaungkan pada pekan ketiga atau keempat bulan ini. New normal baru bisa direalisasikan pada awal Juli 2020.

"(New normal) Baru bisa efektif bulan Juli, bulan depan. Oleh karena itu, kita mengimbau agar masyarakat konsekuen terutama sinkronisasi kebijakan membuka bandara, membuka moda transportasi tetapi jangan sampai mengorbankan kesehatan yang sudah dibangun sedemikian rupa juga oleh Pemda DKI," pungkasnya. (mdk/eko)

Baca juga:
Diizinkan Buka, Mal Diminta Buat Sertifikasi Jaminan Bebas Covid-19
Kisah Miris Keluarga Jalani Karantina Sebulan, Tak Dapat Bantuan Pemerintah
Kisah Tenaga Medis Berjuang Lawan Covid-19 dan Kecemasan hingga Stigma Negatif
Pergerakan Mudik Luar Biasa, RI Bisa Kena Gelombang Kedua Covid-19
Bersiap New Normal, Ini 'Senjata' yang Dibawa Donita Selama Bekerja di Luar Rumah

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Menjawab Keluhan, Menyiasati Keadaan - MERDEKA BICARA with Ganjar Pranowo

5