Iis Nurhayani, TKW Asal Karawang Hilang Kontak 11 Tahun di Malaysia

PERISTIWA | 7 September 2019 14:01 Reporter : Bram Salam

Merdeka.com - Seorang Tenaga Kerja Indonesia Iis Nurhayani asal Kampung Sengon, Desa Pangulah Baru, Kecamatan Kotabaru, Karawang, tidak ada kabar dan putus komunikasi selama 11 tahun setelah berangkat menjadi Buruh Migran ke Malaysia.

"Sejak berangkat menjadi buruh migran ke Negara Malaysia hilang kontak selama 11 tahun, " kata keponakan Iis, Teti Hayati, Sabtu (7/9) di rumahnya.

Dia menjelaskan Iis menjadi Tenaga Kerja Indonesia melalui Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia ( PJTKI) Yayasan Genta Bina Karya Welas di bilangan Kalideres, Jakarta, berangkat pada tahun 2008, pada awalnya ada komunikasi namun sejak komunikasi terakhir pada akhir Desember 2008 sudah tidak ada kotak hingga 11 tahun lamanya.

"Sempat ada komunikasi dan mencari tahu perusahaan yang memberangkatkan ke Malaysia namun tak pernah ada jawaban jelas," katanya.

Tety melanjutkan, saat berangkat dari data berangkat ke Negara Malaysia bekerja pada nama majikan Rafis bin Yusup beralamat Selangor, Malaysia. Berangkat pada usia 18 tahun seperti foto yang ada saat ia berangkat sambil memperlihatkan foto terakhir saat mau berangkat ke Malaysia.

"Dia (Iis) berangkat menjadi TKI masih muda," tandasnya.

Pihak keluarga berharap pemerintah daerah maupun Kementerian Tenaga Kerja ikut melacak keberadaan saudaranya yang hilang kontak selama 11 tahun dan memulangkan ke kampung halaman .

"Harapan keluarga untuk bisa kembali ke rumah," harapnya.

Baca juga:
Bunuh Bayi yang Baru Dilahirkan, TKI di Malaysia Terancam Hukuman Mati
TKI Asal Kepulauan Meranti Tewas Jatuh dari Lantai 33 Apartemen di Malaysia
Kunjungan ke Malaysia, Jokowi Soroti Masalah Diskriminasi Kelapa Sawit
TKW Asal Aceh di Malaysia Disiksa Majikan, Badan Penuh Luka
Terpaksa Melahirkan di Malaysia, TKI asal Sumut Berharap Bantuan Pemerintah
Polisi Malaysia Tahan Anggota Dewan Terkait Kasus Dugaan Pemerkosaan TKI

(mdk/eko)