IKAPPI: Semua Pedagang Pasar Mengalami Kesulitan, Kecuali Bahan Pangan

IKAPPI: Semua Pedagang Pasar Mengalami Kesulitan, Kecuali Bahan Pangan
pasar tanah abang. ©2018 Liputan6.com/Angga Yuniar
NEWS | 30 Juli 2021 13:47 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri mengatakan, sebagian besar pedagang di pasar Tanah Abang mengalami kesulitan paska PPKM Darurat. Hanya pedagang bahan pangan yang masih bisa bertahan.

"Kondisi pedagang pasca PPKM Darurat itu mengalami kesulitan yang luar biasa. Kecuali bahan pangan, semua pedagang pasar mengalami kesulitan yang luar biasa," katanya di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Jumat (30/7).

Tak hanya mengalami situasi sulit. Menurutnya, banyak juga pedagang yang terpaksa gulung tikar.

"Bahkan kami sebutkan banyak yang gulung tikar. Tidak ada pilihan lain kecuali bertahan atau mereka sewakan. Opsi itu yang kita coba agar anggota kami di seluruh Indonesia yang non-pangan untuk kembali," urai dia.

Pedagang sangat membutuhkan dukungan pemerintah. Salah satu lewat insentif agar mereka tetap bisa menjalankan bisnis di tengah pandemi. Salah satunya dukungan untuk modal usaha.

Hanya memang harus diakui bahwa ada juga pedagang yang belum memiliki kelengkapan administrasi untuk mengakses modal dari perbankan. Situasi seperti inilah yang diharapkan dapat diatasi pemerintah.

"Kan pedagang ini enggak bankable ya, enggak punya NPWP. Masa harus terjerat rentenir terus. kami melihat kios saja cukup dia kasih duit. Tapi bank kan harus ada NPWP, maka kita mau ada formulasi untuk pedagang pasar sehingga mereka kembali mau berdagang. Sebulan PPKM Darurat itu tekanannya sangat besar," tandas dia. (mdk/fik)

Baca juga:
CEK FAKTA: Hoaks, Video Sebut Massa di Cirebon Turun ke Jalan Tolak PPKM
Juli 2021, Penumpang MRT Turun 80 Persen
PPKM Hambat Proses Migrasi Rekening BRI dan BNI Syariah ke BSI
Wagub DKI: Sekalipun Boleh Makan di Warung, Sebaiknya Makan di Rumah Masing-Masing
Pedagang Cilok Menangis Sesenggukan di Balik Gerobak, Penyebabnya Bikin Terharu
52 Perusahaan di Depok Ajukan Kartu Identitas Pekerja Sektor Prioritas
Alasan Jokowi Tak Lakukan Lockdown: Belum Menjamin Permasalahan Bisa Selesai

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami