Imbas Covid-19, Anggaran Pilkada Solo Membengkak Rp10,1 Miliar

Imbas Covid-19, Anggaran Pilkada Solo Membengkak Rp10,1 Miliar
PERISTIWA | 30 Mei 2020 17:03 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Pilkada serentak rencananya akan digelar 9 Desember 2020, termasuk Kota Solo. Pandemi Covid-19 yang masih melanda berimbas pada teknis pelaksanaan di lapangan.

KPU harus menyelenggarakan Pilkada tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan. Imbasnya anggaran pelaksanaan dipastikan membengkak.

KPU Solo, Nurul Sutarti mengatakan, pembengkakan anggaran salah satunya akibat adanya penambahan jumlah tempat pemungutan suara (TPS). Menurut rencana KPU bakal menambah TPS sebanyak 784 yang tersebar di 54 kelurahan.

"Sebelum ada Covid-19, rencana ada 1.016 TPS. Tapi sekarang kondisinya beda, harus disesuaikan dengan protokol kesehatan, sehingga total menjadi 1.800 TPS," katanya, Sabtu (30/5).

Dengan 1.800 TPS tersebut diharapkan pemilih lebih leluasa menerapkan standar protokol Covid-19. Tidak terjadi kerumunan, bisa jaga jarak dan lainnya. Nantinya juga akan disediakan tempat cuci tangan, pengecekan suhu tubuh dan penggunaan masker.

Dengan penambahan jumlah TPS tersebut, dikatakan Nurul, otomatis pihaknya juga akan menambah jumlah petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan petugas keamanan TPS.

"Dari sisi anggaran penyelenggaraan juga bertambah. Kalau sebelumnya, anggaran kita Rp15 miliar, sekarang perlu tambahan dana sekitar Rp10,1 miliar," terangnya.

Tambahan dana tersebut, kata dia, digunakan untuk honor badan ad hoc dan pengadaan thermogun pengukur suhu. Menurut Nurul badan ad hoc akan mulai diaktifkan kembali untuk melanjutkan tahapan Pilkada Serentak pada Senin (15/6) mendatang.

"Kemudian dilanjutkan penyerahan berita acara syarat dukungan calon perseorangan kepada PPS dan tahapan lainnya. Untuk penetapan pasangan calon dilakukan bulan September," pungkas Nurul. (mdk/fik)

Baca juga:
Manuver Gibran di Tengah Pandemi
Tahapan Pilkada Solo Dimulai, KPU Akan Lantik 162 Anggota PPS
Demokrat Ungkap Alasan Persiapkan Denny Indrayana di Pilgub Kalsel
Kesiapan KPU Gelar Pilkada Saat Pandemi Diragukan
KPU Akui Pilkada 2020 di Tengah Pandemi Covid-19 Terkendala Anggaran
Demokrat Tugaskan Denny Indrayana Cari Dukungan dan Cawagub untuk Pilgub Kalsel

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Pariwisata Banyuwangi Bersiap Menyambut New Normal

5