Imbas Sistem Satu Arah Tol Saat Mudik, Putar Balik di Jalur Pantura Ditutup

PERISTIWA | 22 Mei 2019 05:00 Reporter : Adi Nugroho

Merdeka.com - Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi mengantisipasi kepadatan lalu lintas kendaraan di jalur arteri dari arah Cikampek menuju ke Jakarta. Jalur itu berpotensi padat jika di Jalan Tol Jakarta-Cikampek diterapkan sistem satu arah menuju ke Jawa Tengah pada saat mudik Lebaran.

PT Jasa Marga akan memberlakukan sistem satu arah pada 30 Mei sampai 2 Juni. Titik awal di kilometer 29 Cikarang Utama sampai dengan Brebes Barat. Sedangkan jalur ke Jakarta dialihkan ke jalur Pantura.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi Yana Suyatna mengatakan, untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas selama pelaksanaan oneway, instansinya akan menutup u-turn atau putaran di sepanjang jalur Pantura.

"Kami memprioritaskan di titik putaran yang lebar," kata Yana di Cikarang, Selasa (21/5).

Menurut dia, penutupan difokuskan dari perbatasan Karawang sampai dengan jalan akses ke Tol Cibitung. Sebab kendaraan dari Cikampek yang menggunakan jalur Pantura bisa masuk kembali ke jalan tol lewat GT Cibitung.

"Titik-titik jalan yang berpotensi mengalami penyempitan akan kami jaga pelebarannya, terutama di kawasan SGC karena pedagang kaki lima," lanjut dia.

Yana mengatakan, pihaknya menurunkan 130 personel untuk mengamankan arus lalu lintas selama mudik Lebaran. Mereka akan bertugas pada titik rawan kemacetan. Apalagi ketika bersamaan puncak mudik sepeda motor dan mobil di tol.

Baca juga:
Jika Terjadi Macet Saat Mudik, Sistem Satu Arah Diberlakukan di Tol
Diskon Tarif Semua Ruas Jalan Tol Saat Mudik Lebaran Diumumkan Besok
Semua Ruas Tol Akan Diberikan Diskon Saat Mudik 2019
Strategi Polisi Atasi Macet di 2 Tol Semarang Saat Mudik
Antisipasi Kepadatan Pemudik di Tol, Pemerintah Siasati Waktu Pemberian Diskon Tarif

(mdk/cob)