Indonesia dan Timor Leste Sepakati Soal Batas Darat

PERISTIWA | 23 Juli 2019 08:04 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menko Polhukam Wiranto dan Menteri Luar Negeri Retno L.P Marsudi menerima kunjungan Menteri Perencanaan dan Investasi Strategis Republik Demokratik Timor Leste, Xanana Gusmao. Wiranto mengungkapkan masalah batas wilayah darat antara Indonesia dan Timor Leste secara prinsip sudah selesai.

"Dengan selesainya perundingan unresolved segments ini, maka kita dapat sampaikan kepada saudara-saudara sekalian dan masyarakat, bahwa semua perundingan batas darat secara prinsip sudah selesai," kata Wiranto di kantornya, Jakarta, Senin (22/7).

Selain batas wilayah darat, kata Wiranto, pemerintah juga akan melanjutkan perundingan terkait batas maritim dengan pemerintah Timor Leste dalam waktu dekat.

"Kita kan melanjutkan tentunya nanti saya katakan tadi untuk melanjutkan batas maritim," jelasnya.

Dia bersyukur perundingan ini selesai dengan baik meski kedua negara pernah terlibat pernah konflik. "Kita bersyukur hari ini memang kita bisa buktikan bahwa, kita sudah melangkah lebih maju lagi, bisa menyelesaikan dua titik," ujar dia.

Sementara itu, Xanana menyampaikan kesepakatan ini membuat hubungan kedua negara ke depan semakin baik. "Karena itu, dalam spirit persaudaraan yang sekarang ini di antara 2 negara dan pemerintahan saya bisa bilang, hari esok akan lebih baik," pungkas Xanana.

Reporter: Putu Merta Surya Putra

Sumber : Liputan6.com

Baca juga:
Perubahan Trase, Jalan Perbatasan RI-Timor Leste Sektor Timur Bertambah
ADB Hibahkan Rp 14,2 M Untuk Kerjasama Ekonomi Indonesia-Timor Leste
Demi Layani WNI dalam Pemilu 2019, TPS di Timor Leste Buka Sampai Malam
Terkendala Bahasa dengan Australia, Timor Leste Ingin Kerjasama Pramuka dengan Bali
Kisah Dramatis Penangkapan Xanana Gusmao Oleh Prajurit Kopassus TNI

(mdk/ray)