Indonesia Kembali Terima Bantuan Vaksin AstraZeneca dari Jepang

Indonesia Kembali Terima Bantuan Vaksin AstraZeneca dari Jepang
Bantuan 688.800 Dosis Vaksin AstraZeneca dari Prancis. ©2021 Kominfo
NEWS | 19 Oktober 2021 20:11 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Pemerintah Indonesia kembali menerima dukungan kerja sama vaksin AstraZeneca dari Pemerintah Jepang. Dukungan ini merupakan kedua kalinya setelah pada Juli lalu Indonesia menerima bantuan 2.161.240 dosis vaksin AstraZeneca dari Jepang.

"Batch pertama diterima hari ini di Bandara Soekarno-Hatta sejumlah 224.000 dosis," kata Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, Selasa (19/10).
Dia menyebut dukungan vaksin Covid-19 dari Jepang masih akan terus berdatangan hingga 22 Oktober 2021. Kedatangan vaksin akan secara bertahap sebanyak enam kali.

Kerja sama dose-sharing vaksin ini merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan menlu kedua negara di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB di New York, 23 September 2021 lalu. Menurut Retno, kerja sama ini merefleksikan eratnya persahabatan antara Indonesia dan Jepang.

"Menimbang peran Jepang sebagai salah satu mitra ekonomi utama Indonesia, diyakini kerja sama RI-Jepang akan dapat mendorong percepatan pemulihan ekonomi di masing-masing negara pasca-pandemi," tuturnya.

Selain melakukan kerja sama dose-sharing, kata Retno, sejak awal pandemi Covid-19 Jepang telah memberikan dukungan bagi Indonesia. Dukungan tersebut berupa obat Avigan, mobile x-ray, serta berbagai dukungan lainnya melalui organisasi internasional.

Sebagai informasi, total vaksin Covid-19 yang telah tiba di Indonesia sebanyak 285.300.400 dosis, baik dalam bentuk bulk atau bahan baku maupun bentuk jadi. (mdk/fik)

Baca juga:
Indonesia Kembali Terima Ratusan Ribu Dosis Vaksin Pfizer dan AstraZeneca
Indonesia Terima Tambahan Bantuan 688.800 Dosis Vaksin AstraZeneca dari Prancis
Indonesia Kembali Terima Bantuan 245.440 Dosis Vaksin AstraZeneca dari Inggris
Warga Samarinda Kesulitan Cari Vaksin Dosis Kedua, Dinkes Tak Bisa Berbuat Banyak
705.300 Dosis Vaksin AstraZeneca Tiba di Indonesia
Indonesia Dapat Tambahan 8,4 juta Dosis Vaksin Covid-19 AstraZeneca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami