Pembuat Kosmetik Oplosan di Samarinda Diciduk, Dijual hingga ke Jakarta

Pembuat Kosmetik Oplosan di Samarinda Diciduk, Dijual hingga ke Jakarta
PERISTIWA » MAKASSAR | 8 September 2019 23:52 Reporter : Saud Rosadi

Merdeka.com - Polisi membongkar kegiatan produksi kosmetik oplosan hasil industri rumah tangga. Seorang wanita, Yp (26), ditetapkan tersangka. Pemasaran kosmetik ilegal itu meliputi Jakarta, Palembang serta Surabaya.

Praktik ilegal itu diungkap Kamis (5/9) siang lalu, di rumah Yp, di kawasan Jalan Bung Tomo, Samarinda Seberang, sebagai tindak lanjut informasi dari masyarakat, adanya kosmetik tanpa izin edar.

"Kami amankan pelaku di rumahnya, sekitar jam 2.30 siang," kata Kanit Eksus Satreskrim Polresta Samarinda Ipda Reno Chandra, di kantornya, Minggu (8/9).

Di rumah pelaku Yp, polisi mengamankan sejumlah barang bukti bahan dan kemasan kosmetik siap edar. Seperti lulur, hand body, suplemen vitamin, hingga ember tempat adonan dan timbangan digital. "Pelaku ini membeli bahan-bahan di pasaran untuk dicampur dalam ember, seperti susu sapi, bibit pemutih, dan lainnya. Diaduk menggunakan mixer," ujar Reno.

"Dia (Yp) memasarkannya melalui akun instagram. Konsumennya ada di Palembang, Jakarta, hingga Surabaya. Termasuk Balikpapan, dan juga Samarinda sendiri. Setiap bulan, dia dapat untung Rp2,5 juta-Rp3,5 juta," ungkap Reno.

Pengetahuan pelaku mengoplos kosmetik yang sudah berlangsung 4 tahun itu, lanjut Reno, diperolehnya dari temannya di kawasan Pasar Pagi Samarinda.

"Untuk konsumen Samarinda, pelaku menggunakan jasa kurir. Pelanggan di luar kota, menggunakan jasa ekspedisi. Produksinya tidak setiap hari, tergantung pesanan. Campurannya dalam ember pun, dia hanya mengira-ngira," jelas Reno.

Penyidik menetapkan Yp tersangka dengan pasal 197 jo 106 (1) UU No 36/2009 tentang Kesehatan dan atau pasal 62 (1) dan pasal 8 ayat 1 UU No 8 1999 tentang Perlindungan Konsumen. "Iya benar. Takaran campuran kira-kira saja. Sejauh ini, tidak ada keluhan (dari konsumen)," kata tersangka Yp. (mdk/bal)

Baca juga:
Edarkan Kosmetik Ilegal, 3 Pedagang di Pasar Tradisional Makassar Ditangkap Polisi
BPOM Sebut Karawang Sentra Produksi Kosmetik Ilegal Bermerkuri
BBPOM Sita 5.987 Jenis Kosmetik Ilegal di Samarinda dan Mahakam Hulu
Awas, Kosmetik Ilegal Marak Beredar di Tangerang
Polisi Ungkap Kasus Penyelundupan Barang Ilegal
Alasan Sibuk, Nella Kharisma Batal Bersaksi Kasus Kosmetik Ilegal

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami