Ini 6 Tokoh yang Dapat Gelar Pahlawan Nasional

PERISTIWA | 8 November 2019 13:05 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh pada Jumat (8/11) di Istana Negara, Jakarta. Enam tokoh tersebut dinilai sangat berjasa bagi Indonesia.

Wakil Ketua Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan Negara Jimly Asshiddiqie menyebut enam tokoh yang dimaksud adalah Kahar Mudzakkir, Alexander Andries (AA) Maramis, KH Masykur, Prof M Sardjito, Ruhana Kudus dan Sultan Himayatuddin.

Jimly menyebut, Kahar mendapat gelar pahlawan bukan karena jasanya dalam dunia pendidikan. Melainkan berkontribusi besar dalam Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

"Bukan karena rektor, tapi untuk Kahar bersama Maramis dan KH. Masykur sebagai anggota BPUPKI/PPKI. Mereka tersisa yang belum dapat gelar pahlawan. Jasa mereka sangat besar," kata Jimly saat dihubungi merdeka.com, Jumat (8/110.

Demikian juga dengan Sardjito. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini mengatakan, Sardjito berjasa besar dalam dunia pendidikan. Sardjito merupakan eks Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

"Sardjito jasanya sangat besar di dunia pendidikan," ucapnya.

Sementara dua tokoh lain yakni Ruhana Kudus dan Sultan Himayatuddin berjasa dalam dunia pendidikan dan melawan penjajah. Jimly menyebut, kedua tokoh tersebut memang diusulkan lantaran selama ini belum ada pahlawan nasional yang berasal dari Sumatera Barat dan Sulawesi Tenggara.

Sebagai informasi, Ruhana Kudus merupakan jurnalis perempuan pertama asal Sumatera Barat. Sedangkan Sultan Himayatuddin putra asal Sulawesi Tenggara.

"Sultan Himayatuddin yang melawan Belanda sehingga terpaksa turun tahta lalu sesudah berjuang naik tahta 2 kali jadi sultan," tutupnya.

Baca juga:
Jokowi akan Beri Gelar Pahlawan Nasional ke 3 Anggota BPUPKI
Sejumlah Pahlawan Indonesia Diusulkan Jadi Nama Jalan di Amsterdam
Pahlawan-Pahlawan Nasional Gagah Berani dari Papua
Kakek Kamad Ikhlaskan Dua Kaki Demi NKRI
Danardono Habisi Tentara Belanda Hanya dengan Bambu Runcing Kecil

(mdk/did)