Ini Detail Putusan MK soal UU Cipta Kerja Bertentangan dengan UUD 45

Ini Detail Putusan MK soal UU Cipta Kerja Bertentangan dengan UUD 45
Demo buruh di Patung Kuda. ©2021 merdeka.com/imam buhori
NEWS | 25 November 2021 17:45 Reporter : Iqbal Fadil

Merdeka.com - Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi mengabulkan sebagian uji materi UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang diajukan kelompok buruh. Pembentukan UU Cipta Kerja bertentangan dengan UUD 1945.

"Menyatakan UU Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja masih tetap berlaku sampai dengan dilakukan perbaikan pembentukan sesuai dengan tenggang waktu sebagaimana yang telah ditentukan dalam putusan ini," kata ketua majelis hakim Anwar Usman saat membacakan putusan di Gedung MK, Kamis (25/11).

Terkait putusan ini, MK memerintahkan kepada para pembentuk undang-undang untuk melakukan perbaikan dalam jangka waktu paling lama 2 tahun sejak putusan tersebut diucapkan oleh MK, dan apabila dalam tenggang waktu tersebut para pembentuk undang-undang tidak melakukan perbaikan, Undang-Undang Cipta Kerja menjadi inkonstitusional secara permanen.

"Apabila dalam tenggang waktu 2 tahun pembentuk undang-undang tidak dapat menyelesaikan perbaikan (UU Cipta Kerja, red.), undang-undang atau pasal-pasal atau materi muatan undang-undang yang telah dicabut atau diubah oleh UU Cipta Kerja harus dinyatakan berlaku kembali," ucap Anwar Usman.

Selain itu, MK juga menyatakan untuk menangguhkan segala tindakan atau kebijakan yang bersifat strategis dan berdampak luas, serta tidak dibenarkan pula untuk menerbitkan peraturan pelaksana baru yang berkaitan dengan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2020 Nomor 245, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 6573).

Berikut isi lengkap putusan Mahkamah Konstitusi tentang UU Cipta Kerja:

putusan_mkri_8240_1637826598 by Djoko Poerwanto (mdk/bal)

Baca juga:
Apindo Soal Putusan MK: UU Cipta Kerja Tidak Dibatalkan
Revisi UU Cipta Kerja Dinilai Bakal Hambat Pemulihan Ekonomi di 2022
Apindo Sebut Putusan MK Tak Mengubah Isi Materi UU Cipta Kerja
DPR Kaji Putusan MK soal UU Cipta Kerja Bertentangan dengan UUD '45
Tanggapi Putusan MK Soal UU Cipta Kerja, KSPI Minta Penetapan UMP Dicabut
Revisi UU Cipta Kerja Berpotensi Ganggu Investasi Asing Masuk RI

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami