Ini kata PVMBG penyebab amblesnya jalan Tol Cipularang

Ini kata PVMBG penyebab amblesnya jalan Tol Cipularang
PERISTIWA | 25 Januari 2014 11:07 Reporter : Andrian Salam Wiyono

Merdeka.com - Tol Cipularang tepatnya di kilometer 72, Kecamatan Babakan Cikao, Kabupaten Purwakarta ambles pada Jumat (24/1). Adapun penyebab amblesnya jalur yang mengarah ke Bandung itu, diduga karena jalan tergerus air yang belakangan memang curah hujan meninggi.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG) mengakui bahwa air hujan yang terus menggerus aspal tidak seharusnya dengan mudah menyebabkan amblesnya jalan tol penghubung Jakarta-Bandung ini. Namun memang PVMBG memperkirakan tanah di bawah jalan tersebut kurang padat.

"Yang harus dilakukan adalah pemadatan tanah dan konstruksi di lokasi. Agar tidak lagi ambles," kata Kepala Sub Mitigasi Gerakan Tanah, Wawan Irawan, Sabtu (25/1).

Menurut dia kilometer 72 merupakan zona rendah pergerakan tanah. Tidak dengan mudah jika hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan adanya pergerakan.

Justru yang terbilang potensi gerakan tanahnya tinggi ada di kilometer 90 sampai 100. Lokasi ini ada di Purwakarta. "Apalagi kalau ditunjang dengan hujan deras, ini juga kawasan yang dikelilingi bukit, di kilometer ini cukup berpotensi (pergerakan tanah)," ungkapnya.

Terkait amblesnya Jalan yang menggerus hingga ke dalaman 15 sampai 30 sentimeter itu, PVMBG mengaku tidak akan menganalisa karena tidak ada permintaan dari pihak Jasa Marga. Dia menilai Jasa Marga juga sudah memiliki ahli untuk mengetahui penyebab pasti amblesnya jalan tersebut.

Akibat dari amblesnya jalan tersebut kemacetan sempat melanda Cipularang yang hendak ke Bandung. Sehingga pengalihan arus dilakukan petugas Kepolisian. (mdk/bal)

Baca juga:

Penerapan contra flow, KM 72 Tol Cipularang macet hingga 5 KM

Tol Cipularang yang ambles diperbaiki, contra flow diberlakukan

Ruas Tol Cipularang ambles, butuh 3 hari perbaikan

Cipularang ambles di KM 72, kendaraan dialihkan ke jalur Sadang

Longsor di Tol Cipularang sudah bersih, lalu lintas lancar

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami