Ini Kriteria Sosok Kabareskrim Baru Menurut Komnas HAM

PERISTIWA | 13 November 2019 10:00 Reporter : Dedi Rahmadi

Merdeka.com - Jabatan Kabareskrim kosong setelah ditinggal Jenderal Idham Azis yang diamanahkan menjabat sebagai Kapolri menggantikan Tito Karnavian. Jabatan vital itu harus segera diisi oleh sosok yang mumpuni.

Komisioner Komnas HAM M Choirul Anam mengatakan, ada dua hal yang membuat jabatan Kabareskrim sangat penting bagi Polri. Pertama, reskrim akan menjadi wajah sehari-hari institusi Polri dikarenakan berhadapan langsung dengan masyarakat, terutama pencari keadilan.

Kedua, banyak pekerjaan penegakan hukum yang berubah paradigma, pendekatan, dan metode kerjanya seiring perubahan dan dinamika hukum yang berkembang.

"Atas kedua hal tersebut, dibutuhkan sosok Kabareskrim yang mumpuni. Sosok yang bisa mengkonsolidasikan internal dengan baik, termasuk berkomunikasi baik dengan masyarakat dan berbagai tokoh tanpa ada beban atau sekat apapun," ujar Choirul kepada wartawan, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

"Ini penting untuk memastikan seluruh pekerjaan reskrim maksimal. Dalam konteks ini, sosok senior lebih baik karena jam terbang konsolidasi dan komunikasinya teruji," sambungnya.

1 dari 1 halaman

Punya Latar Belakang Intelektualitas Baik

Choirul menambahkan, sosok calon Kabareskrim juga harus memiliki latar belakang intelektualitas yang baik serta berpikiran terbuka terhadap segala perubahan dan dinamika hukum.

"Perubahan dinamika ini juga membutuhkan sosok yang mengerti bagaimana perencanaan kelembagaan institusi kepolisian. Background pengetahuan terkait desain tata kelola dan arah perencanaan jadi nilai plus bagi sosok calon Kabareskrim," tuturnya.

Kriteria terakhir calon Kabareskrim yang tak kalah penting adalah sosok yang sangat berpengalaman dan ditempa berbagai kondisi yang high profile, baik terkait situasi keamanan, kasus, maupun kebijakan.

"Semoga dengan calon Kabareskrim baru yang mumpuni, ada perbaikan penegakan hukum di Indonesia," kata Choirul memungkasi. (mdk/ded)

Baca juga:
Kabareskrim Baru Diharapkan Dapat Berkomunikasi Baik dengan Kalangan Agama
PBNU Harap Kabareskrim yang Baru Dekat dengan Kiai dan Mengayomi Umat
Eks Ajudan Jokowi Disebut Kandidat Kabareskrim, Ini Kata Polri
Jika Kabareskrim Diisi Pati Junior, Dikhawatirkan Terjadi 'Perang Bintang'
Idham Azis Naik Jadi Kapolri, Siapa Isi Posisi Kabareskrim Polri?