Ini Penyebab Tanah Ambles di Area Kontrakan Ciputat Timur

PERISTIWA | 27 November 2019 15:35 Reporter : Kirom

Merdeka.com - Amblasnya tanah di kontrakan Wisma Indah, Pondok Ranji, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan diduga karena kondisi tanah yang lembek (gembur).

Sebelum dijadikan bangunan kontrakan, lokasi itu merupakan lahan kosong yang dijadikan kebun pisang. Lahan itu, juga berkontur miring yang kemudian diratakan saat ingin dibangun rumah kontrakan.

"Mungkin karena tanahnya gembur (lembek), karena sebelumnya ini kebun kosong yang posisi tanahnya miring. Terus saya ratakan, waktu itu saya pekerjanya," kata Sugiyono, pekerja di lokasi, Rabu (27/11).

Selain itu, intensitas hujan yang tinggi, diduga ikut menggerus kontur tanah, karena menurut Sugiyino masih terdapat bonggol akar pohon pisang yang masih tertanam di dalam struktur tanah.

"Kayanya dulu itu banyak bonggol pisang yang saya suruh buang, tapi malah dikubur diresapan atau apa terus diurug, barang kali amblasnya di pas bonggol pisang itu. Ini resapan dulu kan ada sumur gitu," kata dia.

Sedikitnya, ada 25 bangunan kontrakan berjajar yang saling berhadapan. Sementara tanah yang amblas itu, merupakan area pelataran kontrakan yang kerap dilintasi penghuni kontrakan dan dijadikan tempat parkir sepeda motor. (mdk/cob)

Baca juga:
Warga Ciputat Timur Dihebohkan Tanah Ambles Hingga 2 Meter di Area Kontrakan
Rumah Rawan Ambruk Karena Pergerakan Tanah, 9 Warga di Garut Dievakuasi
Tragis, 36 Orang Tewas Terkubur Tanah Longsor
Kades Minta Sosialisasikan Bahaya Longsor, 13 Early Warning Masih Berfungsi
Tanah Amblas di Dairi, Empat Keluarga Mengungsi
BPPT Sebut Rumah Retak di Tangsel Tanda Awal Pergerakan Tanah

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.