Ini Pesan Ustaz Arifin Ilham Kepada Sahabatnya Sebelum Meninggal

PERISTIWA | 23 Mei 2019 16:15 Reporter : Radeva Pragia Bempah.

Merdeka.com - Kepergian pendiri sekaligus pimpinan Majelis Pondok Pesantren Az-Zikra Ustaz Muhammad Arifin Ilham meninggalkan duka teramat bagi seluruh keluarga dan para sahabatnya.

Hal itu terlihat jelas ketika seorang sahabat ustaz, Habib Muhammad Yamin Tanjung ketika menceritakan tentang sosok almarhum semasa hidup. Yamin menyampaikan, sebelum meninggal, Ustaz Arifin telah menyiapkan lokasi pemakamannya di Pondok Pesantren Az-Zikra Gunung Sindur, sesuai dengan wasiat yang disampaikannya.

"Wasiat beliau untuk dimakamin di sini itu sudah persiapan beliau. Itu kan bahasa tubuh beliau, bahasa akidah beliau. Beliau contohkan sekarang. Dia siapkan muridnya, ibadahnya, lahan makamnya dipersiapkan. Kain kafan pun sudah beliau siapkan. Beliau contohkan kepada kita yang masih hidup, apa kita bisa seperti itu," ungkap Yamin, saat ditemui di lokasi pemakaman, Kamis (23/5/2019).

Yamin menuturkan, selama mengenal sosok almarhum, beliau tidak pernah marah. Ustaz, kata Yamin, selalu tersenyum dan tertawa. Bahkan, ia masih ingat betul tentang nasihat almarhum untuk selalu membersihkan hati.

"Artinya kita itu disuruh cerdas, disuruh takut. Karena kita ini sebagai manusia yang diciptakan. Karena setiap yang diciptakan pasti ada masa expirednya. Menuju expired manusia itu harus penuh persiapan," sebutnya.

"Ini semua kehendak Allah, ini sandiwara Allah. Karena kecintaan kita kepada seorang guru, seorang sahabat yang Allah muliakan kehidupannya," sambung dia.

Ustaz Muhammad Arifin Ilham meninggal dunia di Malaysia, Rabu (22/5/2019) malam.

Informasi awal kabar duka ini berasal dari akun @alvin_411 di Instagram. Ini merupakan akun milik Alvin Faiz, putra Arifin Ilham.

Ustaz Arifin Ilham berada di Malaysia untuk menjalani pengobatan. Sempat naik turun kondisinya, Arifin Ilham menderita kanker getah bening.

Baca juga:
Ponpes Az-Zikra Siapkan Proses Pemakaman Ustaz Arifin Ilham, Pelayat Berdatangan
Kenang Ustaz Arifin Ilham, Arie Untung Berharap Bisa Berkuda Bersama di Surga
Pada Putra Sulungnya, Ustaz Arifin Ilham Titipkan Pesantren Az-Zikra
Sederet Artis Sampaikan Duka Cita untuk Kepergian Ustaz Arifin Ilham
Tulisan Terakhir Ustaz Arifin Ilham Sebelum Wafat. 'Bismillah Berjumpa dengan Allah'
Ini Wasiat Ustaz Arifin Ilham Sebelum Meninggal Dunia

(mdk/ded)