Ini Spesifikasi Mobil Formula E yang Bakal Dipamerkan saat CFD Akhir Pekan Ini

Ini Spesifikasi Mobil Formula E yang Bakal Dipamerkan saat CFD Akhir Pekan Ini
Replika mobil Formula E. ©2022 Merdeka.com/Bachtiarudin Alam
NEWS | 27 Mei 2022 09:28 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Race Formula E Jakarta digelar di Ancol pada 4 Juni mendatang. Sebelum perhelatan, panitia berencana memamerkan replika mobil balap listrik itu saat Car Free Day (CFD) di Kawasan Sudirman-Thamrin, Minggu (29/5).

Ketua Panitia Pelaksana Formula E Jakarta Ahmad Sahroni menjelaskan replika mobil listrik ini dipamerkan untuk lebih mengenalkan ajang balapan internasional itu. "Ini akan kita saksikan seperti apa, mungkin masyarakat juga bisa melihat, nanti tolong viralkan, hari Minggu bagi yang CFD bisa langsung spot foto," kata Sahroni kepada wartawan dikutip Jumat (27/5).

Nantinya mobil berwarna hitam biru yang akan dipamerkan hanyalah replika. Namun, bentuk dan spesifikasi mobil itu sama dengan mobil yang akan mengaspal di sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, pada 4 Juni 2022 nanti.

"Ini adalah contoh dari pada mobil Formula E yang akan berlaga tanggal 4 Juni mendatang," jelas Sahroni.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi Resmi

Untuk mengenal lebih jauh wujud mobil Formula E, berikut spesifikasi resmi dari mobil balap tersebut. Melansir dari laman resmi FIA Formula E, jet darat bertenaga listrik generasi kedua itu memiliki tenaga 250 kw.

Jarak 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam 2,8 detik dan mencapai kecepatan tertinggi 280km/jam. Mobil Gen2 ini memiliki panjang 5.160 milimeter (mm), lebar 1.770 mm, dan tinggi 1.050 mm.

Mobil ini juga memiliki tenaga sampai dengan 250 kilowatt atau setara dengan 335 horse power (hp). Kemudian, regulasi menentukan bahwa setiap mobil memiliki berat minimum 903 kg. Berat itu sudah termasuk pembalap dan baterai seberat 385 kg yang ditempatkan di belakang pembalap.

Selain itu, mobil Formula E ini juga dilengkapi dengan sistem rem yang memanfaatkan energi genetik dari putaran roda untuk diubah ke energi listrik yang akan dikembalikan ke baterai.

Kemudian, untuk ban yang digunakan pada mobil ini adalah ban keluaran Michelin yang memiliki lebar 245 mm dan 305 mm dengan ukuran pelak 18 inci.

Mobil memiliki panjangnya sekitar 3 meter dengan lebar kurang lebih 1,5 meter. Kendaraan yang dapat melaju dengan cepat ini juga dilengkapi dengan sayap moncong bagian depan.

3 dari 3 halaman

Dipakai pada Musim Sebelumnya

Mobil replika ini adalah Gen2 EVO yang merupakan mobil pada balapan musim sebelumnya. Sementara untuk yang akan melintas pada balapan nanti, para pebalap akan memakai mobil Gen3 EVO.

Meski berbeda, namun bentuk maupun beban berat mobil dipastikan sama, sehingga nantinya masyarakat dapat melihat secara jelas gambaran mobil Formula E.

"Ini mobil yang memang replika tapi memang dulunya dipakai balapan, ini mobil dipakai balapan, tapi Gennya masih Gen2 sekarang adalah Gen3," jelas Sahroni.

(mdk/yan)

Baca juga:
Biaya Penyelenggaraan Formula E Jakarta Capai Rp130 M, Ini Peruntukannya
Sponsor Dalam Negeri Formula E Perusahaan Entertainment, Suntikan Dana Rp100 Miliar
Soal Jokowi Buka Formula E, Sahroni: Belum Konfirmasi, Tunggu Aja
Jelang Race 4 Juni, Tiket VIP hingga VVIP Formula E Jakarta Sudah Ludes Terjual
Penampakan Replika Mobil Balap Formula E Jakarta
Panitia Pamerkan Replika Mobil Formula E, Begini Penampakannya
Mudahkan Mobilitas, Komisaris Usul Buat Jembatan Gantung Ancol ke JIS

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami