Ini Syarat Isolasi Mandiri di Wisma Atlet Bagi Pasien Covid-19 Tanpa Gejala

Ini Syarat Isolasi Mandiri di Wisma Atlet Bagi Pasien Covid-19 Tanpa Gejala
Ruang Isolasi Corona. ©2020 Merdeka.com/klikdokter.com
PERISTIWA | 28 September 2020 13:26 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Pemerintah telah menyiapkan tempat isolasi mandiri bagi pasien Covid-19 dengan status orang tanpa gejala di Tower 4 dan 5 Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid 19 wisma Atlit Kemayoran serta Tower 8 Wisma Atlit di Pademangan yang rencana akan segera dibuka.

Atas hal itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Fify Mulyani mengatakan, sejumlah syarat yang harus dipenuhi pasien Covid-19 tanpa gejala bila ingin menjalani perawatan isolasi mandiri di Wisma Atlet.

Dia menyebutkan syarat yang harus dipenuhi adalah pasien harus dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil swab test baik dari hasil kontak tracing puskesmas maupun hasil pemeriksaan mandiri LAB atau rumah sakit.

Lalu setelah didapatkan terkonfirmasi positif Covid-19, pasien tersebut haruslah melapor ke Puskesmas terdekat untuk dievaluasi terkait kemampuan pasien, apakah mampu melakukan isolasi mandiri di rumah atau tidak.

"Bila dilihat orang itu tidak mampu melaksanakan isolasi mandiri di rumah dalam arti ekonomi atau kapasitas rumahnya yang tak memadai, misalkan ada dua kamar yang ditempati enam orang artinya dia tidak bisa melaksanakan isolasi mandiri di rumah," jelas Fify dalam diskusi virtual chanel youtube BNPB, Senin (28/9)

"Maka akan dirujuk ke flat isolasi mandiri Kemayoran ini. Dengan membawa satu hasil laboratorium yang menyatakan positif Covid-19. Lalu membawa surat rujukan dari Puskesmas dan surat rekomendasi dari RT/RW yang menyatakan mereka tidak sanggup untuk isolasi mandiri di rumah," tambahnya.

Lanjutnya, fasilitas isolasi mandiri pasien Covid-19 tanpa gejala ini, diperuntukkan untuk pasien terkonfirmasi Positif Covid-19 tanpa gejala yang tidak mampu melakukan isolasi mandiri di rumah dengan pertimbangan ekonomi serta kesiapan ruangan di rumah.

"Sementara untuk penjemputan pasien dari rumah, itu akan difasilitasi oleh puskesmas setempat yang mengantar akan mengantar ke RSD Kemayoran. Karena, setiap puskesmas memiliki ambulance termasuk dari Dinas Kesehatan Pemprov juga memiliki bus dengan kapasitas 20 orang bila ada pasien yang banyak," jelasnya.

Baca Selanjutnya: Tower 8 Wisma Atlet Pademangan...

Halaman

(mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami