Ini Syarat WNI Masuk Singapura Tanpa Perlu Karantina

Ini Syarat WNI Masuk Singapura Tanpa Perlu Karantina
Singapura. ©Pixabay/sasint
NEWS | 25 November 2021 19:46 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Pemerintah Singapura mengizinkan pelaku perjalanan dari Indonesia atau warga negara Indonesia (WNI) masuk ke negaranya mulai 28 November 2021. Pemberian izin ini menggunakan skema vaccinated travel line atau VTL.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengatakan, ada lima kriteria yang tercantum dalam skema vaccinated travel line.

"Pelaku perjalanan dari Indonesia yang memenuhi kriteria dapat melakukan perjalanan ke Singapura tanpa harus melakukan karantina pada saat kedatangan," katanya dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (25/11).

Lima kriteria vaccinated travel line yakni pertama telah mendapatkan vaksin Covid-19 yang diakui Badan Kesehatan Dunia atau WHO. Vaksin Covid-19 di Indonesia yang sudah diakui WHO ialah Pfizer, AstraZeneca, Monerda, Sinopharm, dan Sinovac.

Kedua, menunjukkan aplikasi PeduliLindungi bagi WNI. Ketiga, menunjukkan hasil tes Polymerase Chain Reaction (PCR) dengan masa berlaku maksimal dua hari sebelum keberangkatan.

Keempat, melakukan booking dan pembayaran tes PCR di Bandara Changi saat tiba. Kelima, memiliki asuransi Covid-19 dengan minimum jaminan 30.000 dolar Singapura untuk short term visitor.

"Informasi lebih lanjut dapat diakses di situs resmi yaitu https://safetravel.ica.gov.sg/," tutup Wiku. (mdk/bal)

Baca juga:
Cara Tepat Buat Anak Terbiasa Memakai Masker Untuk Cegah Covid-19
Satgas Ingatkan Daerah Alami Kenaikan Kasus Covid-19 Tak Lengah Prokes
RI Bisa Lolos dari Gelombang 3 Covid-19 Jika Prokes dan Vaksinasi Ditingkatkan
Cara Jaga Kesehatan Mental agar Tubuh Bisa Tangkal Covid-19
Update 25 November 2021: Kasus Positif Covid-19 Bertambah 372
Pakai Masker Efektif Tekan Kasus Covid-19 Hingga 53 Persen

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami