Ini yang Dipersiapkan Menlu Retno Jelang Jokowi Bertemu Presiden Zelenskiy

Ini yang Dipersiapkan Menlu Retno Jelang Jokowi Bertemu Presiden Zelenskiy
Presiden Jokowi tiba di Ukraina. ©Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden
NEWS | 29 Juni 2022 19:41 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno Marsudi terus mematangkan persiapan menjelang pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy. Kedua pemimpin negara itu direncanakan bertemu di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6).

Retno mengatakan, telah bertemu dengan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba. Keduanya membahas persiapan terakhir sebelum Presiden Jokowi dan Presiden Zelenskiy bertemu pada Rabu siang waktu setempat.

"Tadi pagi saya telah bertemu juga dengan Menteri Luar Negeri Ukraina dan kita membahas persiapan terakhir sebelum kedua Presiden melakukan pertemuan bilateral pada siang hari ini," kata Retno dalam keterangannya di Kyiv, dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden.

2 dari 2 halaman

Adapun Jokowi dan Ibu Negara Iriana beserta rombongan terbatas tiba di Kyiv, Ukraina, pada pukul 08.50 waktu setempat. Sejam kemudian, Jokowi dan Iriana melakukan kunjungan di Kota Irpin, sekitar 30 kilometer dari Kyiv.

Keduanya meninjau reruntuhan gedung-gedung yang terdampak perang. Retno menuturkan 70 persen bangunan di Kota Irpin runtuh akibat perang yang terjadi pada Februari lalu.

"Di dalam kunjungan ke Irpin, Bapak Presiden dan Ibu Negara didampingi atau diterima oleh Wali Kota Irpin dan dijelaskan mengenai kondisi Kota Irpin di mana sekitar lebih dari 70 persen bangunan yang ada terdampak karena perang. Namun demikian, 40 persen dari penduduk Irpin dikatakan sudah kembali ke Kota Irpin," tuturnya.

Dari Kota Irpin, Jokowi bersama Iriana kemudian meninjau salah satu rumah sakit di sekitar Kyiv. Dalam kesempatan ini, Iriana secara simbolis menyerahkan bantuan, baik dari pemerintah maupun dari masyarakat Indonesia, berupa obat-obatan yang diperlukan oleh rumah-rumah sakit yang ada di Ukraina.

"Selain bantuan yang secara simbolis disampaikan Ibu Negara, pemerintah Indonesia juga memberikan bantuan melalui Palang Merah Ukraina dan juga komitmen untuk membantu rekonstruksi rumah sakit yang terdampak perang," ucap Retno.

Seperti diketahui, Jokowi membawa misi khusus dalam kunjungannya Ukraina dan Rusia yakni, mengupayakan perdamaian kedua negara yang berkonflik tersebut. Jokowi dijadwalkan akan bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky

Jokowi menyampaikan dirinya akan mengajak Presiden Ukraina Zelenskyy untuk membuka ruang dialog dalam rangka perdamaian. Dia menilai perang harus segera dihentikan.

"Akan bertemu dengan Presiden Zelensky misinya adalah mengajak presiden Ukraina untuk membuka ruang dialog, dalam rangka perdamaian untuk membangun perdamaian. Karena perang memang harus dihentikan dan juga yang berkaitan dengan rantai pasok pangan harus diaktifkan kembali," ujar Jokowi, Minggu 26 Juni 2022.

Setelah dari Ukraina, Jokowi akan melanjutkan misi perdamaian dengan melakukan kunjungan ke Rusia. Nantinya, dia akan menemui Presiden Vladimir Putin dengan misi yang sama dibawanya ke negara sebelumnya.

"Dari Ukraina saya akan menuju ke Rusia untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin, sekali lagi dengan misi yang sama. Saya akan mengajak Presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan sesegera mungkin untuk melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang," jelas dia.

Reporter: Lizsa Egeham/Liputan6.com (mdk/gil)

Baca juga:
Jokowi Bertemu Presiden Ukraina Zelenskyy, Disambut di Istana Maryinsky
Indonesia akan Bantu Renovasi Rumah Sakit Ukraina yang Rusak Akibat Perang
Menlu Rusia Bakal Hadiri Pertemuan G20 di Bali
VIDEO: Pengawal Pegang Senjata Perang, Jaga Ketat Presiden Jokowi-Iriana di Ukraina
Jokowi Blusukan Lihat Gedung Porak-poranda di Ukraina Akibat Perang
Ma'ruf Amin: Kunjungan Jokowi ke Rusia dan Ukraina Bersejarah Bagi Indonesia
Jokowi Susuri Bangunan Hancur di Ukraina, Harap Tak Ada Lagi Kota Rusak Akibat Perang

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini