Inilah Kekuatan TNI, Salah Satu Militer Terkuat di Dunia

PERISTIWA | 16 Januari 2019 00:10 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Dua hari lalu, capres nomor urut 02 Prabowo Subianto melakukan pidato kebangsaan di JCC, Jakarta. Salah satu isi pidatonya menyinggung kekuatan TNI. Menurutnya, militer Indonesia akan bertahan selama tiga hari jika terjadi perang.

"Apakah ini negara kuat? negara yang bisa langgeng? Bahkan Menteri Pertahanan yang sekarang mengatakan kalau Indonesia terpaksa perang hari ini, kita hanya bertahan 3 hari karena peluru hanya 3 hari," kata Prabowo.

Benarkah militer Indonesia lemah dan hanya kuat dalam tiga hari kalau perang? Pernyataan yang disampaikan Prabowo berbeda dengan hasil survei yang dilakukan oleh Global Firepower pada pertengahan 2018 lalu. Lembaga itu meneliti 138 negara tentang negara-negara dengan militer terkuat di dunia termasuk Indonesia.

Peringkat berapa posisi militer Indonesia? Berikut ulasan kekuatan TNI versi Global Firepower:

1 dari 3 halaman

Posisi ke-15 di Dunia

HUT TNI ke-72 di Cilegon. ©2017 Merdeka.com/Ahda Bayhaqi

Hasil survei Global Firepower, militer Indonesia termasuk salah satu yang terkuat di dunia. Militer Indonesia berada di urutan ke-15 yang terkuat di dunia.

Kekuatan militer Indonesia diperkuat oleh 975.750 personel militer yang aktif dan cadangan. Bahkan skor indeks kekuatan TNI adalah yang tertinggi di Asia Tenggara dan di posisi ke-8 di Asia.

2 dari 3 halaman

Memiliki Ribuan Kendaraan Tempur

Latihan gabungan TNI 2014. ©2014 merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Untuk memperkuat pengamanan, TNI memiliki ribuan kendaraan tempur. Seperti TNI Angkatan Udara (TNI AU) dengan 478 pesawat terbang, TNI Angkatan Darat (TNI-AD) memiliki 418 tank tempur, 1.089 kendaraan tempur, 456 artileri, dan 153 peluncur roket.

Militer Angkatan Laut Indonesia juga memiliki persenjataan kuat. Punya 221 kapal perang, 3 kapal selam, 24 kapal perang korvet, 74 kapal patroli dan 12 kapal penyapu ranjau.

3 dari 3 halaman

Jadi Pasukan Perdamaian

pasukan pbb tni di lebanon. ©2015 REUTERS/Karamallah Daher

Peran militer dalam kancang internasional juga terukir harum. Para personel TNI bergabung dalam pasukan perdamaian PBB. Kiprah TNI sebagai pasukan perdamaian dunia dipuji oleh PBB.

TNI juga aktif dalam menjaga perdamaian dunia dengan mengirim personel ke Lebanon dan Afghanistan sebagai pasukan perdamaian. (mdk/has)

Baca juga:
Tak Hanya TNI, Polri juga Buka Lowongan Besar-besaran
Sebut Intelijen Inteli Eks Presiden, Prabowo Dianggap Tuduh TNI-Polri Tak Netral
Kode Keras Mantan Jenderal TNI Djoko Santoso untuk Kubu Jokowi
5 Negara Kagumi Pasukan Elite TNI, Sampai Minta Dilatih Kopassus
Panglima TNI Sebut Kopassus Ibarat Senjata Pamungkas, Tak Diduga & Mematikan
Rudal-Rudal Mematikan Jadi Senjata Andalan Pesawat Tempur TNI