Irjen Antam Novambar Jadi Plt Sekjen KKP, Polri Cari Pengganti Wakabareskrim

Irjen Antam Novambar Jadi Plt Sekjen KKP, Polri Cari Pengganti Wakabareskrim
PERISTIWA | 28 Februari 2020 19:35 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Wakabareskrim Irjen Antam Novambar resmi menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Antam dilantik langsung oleh Menteri KKP Edhie Prabowo pada Rabu (26/2) kemarin.

Meski begitu,jenderal bintang dua tersebut masih aktif atau masih menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal (Wakabareskrim). Kini, Polri tengah mencari sosok untuk mengisi kursi Wakabareskrim.

"Sebagaimana aturan yang menyatakan bahwa tidak boleh rangkap jabatan maka saat ini sedang dilakukan assessment untuk penunjukan Wakabareskrim," kata Kabagpenum Divhumas Polri Kombes Asep Adi Saputra di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Jumat (28/2).

Untuk menjabat posisi Wakabareskrim, diharuskan Perwira Tinggi yang berpangkat bintang satu atau bintang dua. Calon Wakabareskrim juga harus memenuhi syarat pernah berkarir di bidang reserse.

"Berkarir di bidang reserse sejak perwira pertama, menengah dan tinggi," ujarnya.

"Hasil penilaian akan diserahkan kepada Wanjakti untuk diputuskan Wakabareskrim yang baru," tambahnya.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo melantik Irjen (Pol) Antam Novambar sebagai Pelaksana tugas (Plt) Sekjen di kementeriannya. Saat ini, Antam masih menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra menuturkan, Antam resmi menjabat Plt Sekjen KKP mulai 26 Februari 2020. Meski menjabat Plt Sekjen KKP, Antam tetap menjabat Wakil Kabareskrim. Sebab, Antam akan pensiun dari Polri pada November 2020.

"Pada posisi yang sekarang beliau ini masih Plt di sana (KKP) mengisi kekosongan jabatan. Namun nanti apabila ada rotasi jabatan atau mutasi, tentunya beliau akan meninggalkan Polri lalu bertugas di KKP secara penuh, tidak lagi Plt seperti sekarang ini," ujar Asep di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (27/2).

Kini Antam tinggal menunggu mekanisme yang berlaku secara umum di kepolisian. Dia akan meninggalkan jabatannya di Polri setelah penunjukan secara definitif sebagai Sekjen KKP.

"Karena ketentuannya tidak boleh rangkap jabatan," ucap Asep. (mdk/noe)

Baca juga:
Polri Bentuk Satgas Politik Uang untuk Lacak Sumber Dana Calon Kepala Daerah
Dilantik Jadi Plt Sekjen KKP, Irjen Antam Novambar Tetap Jabat Wakabareskrim
Polri Lelang Tender Proyek Akun Media Sosial Senilai Rp2,6 Miliar
Bank Indonesia Musnahkan 50.087 Lembar Uang Palsu, Terkumpul Sejak 2017
Polri Bantah Beri Pengamanan Kepada Buronan KPK Nurhadi
Apa Kabar Harun Masiku, Begitu 'Sakti' Hingga Kini Belum Ditemukan

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami