Istana: Hari Kelahiran Pancasila Tak Ada Hubungan dengan PKI

Istana: Hari Kelahiran Pancasila Tak Ada Hubungan dengan PKI
PERISTIWA | 24 September 2020 08:30 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresiden, Donny Garhal mengatakan tidak ada kaitannya penetapan hari kelahiran Pancasila pada 1 Juni dengan kebangkitan PKI.

Hal tersebut menanggapi terkait pernyataan mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo yang menuding tanda-tanda kebangkitan PKI masih terlihat yaitu dengan penetapan hari kelahiran Pancasila pada 1 Juni.

"Tidak ada, tidak ada hubungannya dengan PKI," ungkap Donny dalam pesan singkat, Kamis (24/9).

Dia mengatakan, 1 Juni diperingati sebagai momen sejarah lahirnya Pancasila. Pada saat itu dibacakan oleh Soekarno.

"Ini kan hanya memperingati satu momen sejarah yang perlu diketahui oleh generasi muda kita supaya paham bahwa pancasila itu tidak hadir secara tiba-tiba tapi ada prosesnya," ungkap Donny.

Dia mengatakan pernyataan Gatot terlalu mengada-ngada. Sebab dalam sejarah PKI tidak ada hari kebangkitan.

"PKI siapa yang menginginkan itu dirayakan 1 Juni? jadi sekali lagi itu agak halusinatif dan terlalu jauh menghubungkan antara hari lahir pancasila dengan PKI," ungkap Donny.

Dia juga membantah pergantian Gatot Nurmantyo sebagai Panglima TNI karena perintah untuk menonton film G30S/PKI. Menurut dia, pasti akan dilakukan pergantian pimpinan TNI apabila masa jabatannya sudah habis.

"Kalau untuk itu kan karena memang situ sudah masa jabatan Pak Gatot sudah selesai dan memang sudah waktunya pergantian rutin pimpinan TNI. Jadi tidak ada hubungannya sama sekali dengan pemutaran G30S," kata Donny.

Dia menilai pernyataan Gatot terlalu jauh dan kebablasan mengaitkan pergantian dirinya lantaran perintah pemutaran film G30S/PKI. Donny memastikan bahwa pergantian Panglima TNI dari Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo ke Marsekal Hadi Tjahjanto tidak dilakukan di tengah jalan.

"Kita tahu semua pimpinan apakah TNI-Polri pasti kan ada masa jabatan dan ketika memang masa itu berakhir kan pasti akan ada pergantian. Kan beliau tidak dicopot di tengah jalan kan?" ujarnya.

Sebelumnya diketahui mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo menceritakan akhir karirnya di dunia militer. Mulai dari dicopot jadi Panglima hingga menuding tanda-tanda kebangkitan PKI masih terlihat. Yaitu dengan penetapan hari kelahiran Pancasila pada 1 Juni.

"Selanjutnya semakin nyata sekarang ini pada saat saya menjabat mengganti hari kelahiran Pancasila 1 Juni. 1 Juni ini adalah konsep trisila dan ekasila yang disampaikan Bung Karno. Maka mereka sudah investasi dulu. Jadi secara tidak langsung hampir seluruh bangsa memperingati hari kelahiran Pancasila 1 Juni," kata dia. (mdk/gil)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami