Jabatan Karier, Kabareskrim Disarankan Diisi Intern Kepolisian

PERISTIWA | 13 November 2019 11:15 Reporter : Dedi Rahmadi

Merdeka.com - Jabatan Kabareskrim masih belum terisi sepeninggalan Idham Azis yang ditunjuk Presiden Jokowi untuk mengemban tugas sebagai Kapolri.

Pakar hukum pidana Universitas Trisakti, Abdul Fickar Hadjar menuturkan Kabareskrim merupakan jabatan karier. Hendaknya, kata dia, diisi oleh intern kepolisian.

"Bareskrim itu bukan Kapolri yang sedikit banyak ada dimensi sifat politisnya karena diangkat oleh presiden. Artinya secara logis orang (Kapolri) yang dipilih Presiden paling tidak memenuhi aspirasi partai dari mana presiden berasal," ujar Abdul Fickar, Rabu (13/11).

"Sedangkan Bareskrim adalah lembaga teknis dan Kabareskrim jabatan karier. Karena itu para politisi jangan bermain-main mengotak-atik internal kepolisian utamanya sebagai penegak hukum," tegasnya.

1 dari 1 halaman

Sosok Kapabilitasf

Menurut Abdul Fickar, sosok Kabareskrim tentunya mesti memiliki kapabilitas hebat di bidang penanganan perkara.

"Jabatan Kabareskrim itu jabatan karier teknis kepolisian khususnya pada fungsi sebagai penegak hukum, penyelidik dan penyidik. Oleh karena itu orang yang akan didudukan pada jabatan itu yang memenuhi syarat kapabilitas dan skill di bidang penanganan perkara," jelas dia.

Sebelumnya, DPR menekankan pemilihan Kabareskrim harus mengarah kepada sosok yang membuat soliditas Polri tetap terjaga dan tak memunculkan matahari kembar. (mdk/ded)

Baca juga:
Ini Kriteria Sosok Kabareskrim Baru Menurut Komnas HAM
Kabareskrim Baru Diharapkan Dapat Berkomunikasi Baik dengan Kalangan Agama
PBNU Harap Kabareskrim yang Baru Dekat dengan Kiai dan Mengayomi Umat
Jika Kabareskrim Diisi Pati Junior, Dikhawatirkan Terjadi 'Perang Bintang'
Eks Ajudan Jokowi Disebut Kandidat Kabareskrim, Ini Kata Polri
Idham Azis Naik Jadi Kapolri, Siapa Isi Posisi Kabareskrim Polri?

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.