Jadi Inspektur Upacara HUT RI, Presiden Jokowi Kenakan Baju Adat Timor Tengah Selatan

Jadi Inspektur Upacara HUT RI, Presiden Jokowi Kenakan Baju Adat Timor Tengah Selatan
PERISTIWA | 17 Agustus 2020 10:21 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo alias Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 75 Republik Indonesia. Sama seperti tahun sebelumnya, Jokowi tampil mengenakan baju adat.

Kali ini, Jokowi mengenakan pakaian adat Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Baju adat tersebut didominasi warna merah dan putih.

Pantauan dari Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi yang tiba di mimbar upacara sekitar pukul 09.55 WIB. Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi serta Wapres Ma'ruf Amin yang juga mengenakan baju adat.

Diketahui, lantaran pandemi Covid-19, Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) yang ditugaskan hanya tiga orang. Dari Tim Sabang yaitu Indrian Puspita Rahmadhani dari Provinsi Aceh. Kemudian dua orang lainnya dari tim tersebut yang akan mengibarkan bendera Merah Putih ialah Muhammad Adzan dari Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang bertugas sebagai komandan kelompok sekaligus pembentang bendera dan I Gusti Agung Bagus Kade Sanggra Wira Adhinata dari Provinsi Bali yang bertugas sebagai pengerek bendera.

Sementera itu sebagai Kolonel Inf. Muhammad Imam Gogor, A.A. didapuk jadi komandan upacara. Adapun bertindak sebagai Perwira Upacara ialah Brigadir Jenderal TNI Syafruddin. Kemudian yang akan membacakan teks proklamasi yaitu Ketua MPR Bambang Soesatyo. (mdk/lia)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami