Jadi Kepala Daerah, Gibran dan Bobby Nasution Tetap Dikawal Paspampres

Jadi Kepala Daerah, Gibran dan Bobby Nasution Tetap Dikawal Paspampres
Gibran Dilantik Jadi Wali Kota Solo. ©2021 Merdeka.com
PERISTIWA | 26 Februari 2021 11:48 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka resmi dilantik menjadi Wali Kota Solo oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Walaupun jadi Wali Kota, Gibran pun akan tetap mendapatkan pengawalan dari Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres.

Pengawalan itu diberikan karena status Gibran sebagai anak Jokowi.

Tidak hanya Gibran yang tetap mendapatkan pengamanan dari Paspampres. Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), M Bobby Afif Nasution, resmi dilantik sebagai Wali Kota Medan dan Kahiyang Ayu juga akan selalu mendapatkan pengawalan.

"Sesuai tugas pokok paspampres melaksanakan pengamanan fisik langsung jarak dekat kepada presiden, wakil presiden, dan keluarganya, tamu negara setingkat kepala negara, mantan presiden, wapres," kata Komandan Pasukan Pengaman Presiden (DanPaspampres), Mayjen TNI Agus Subiyanto kepada merdeka.com, Jumat (26/2).

"Jadi anak 2 presiden dapat pengawalan dari Paspampres, bukan karena walikotanya," tambahnya.

Diketahui pengawalan terhadap anak Presiden diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 59 Tahun 2013. PP tersebut mengatur Pengamanan Presiden dan Wapres, Mantan Presiden dan Wapres beserta Keluarganya, serta Tamu Negara Setingkat Kepala Negara/Kepala Pemerintahan.

"Keluarga Presiden dan Wakil Presiden meliputi istri atau suami Presiden dan Wakil Presiden, anak Presiden atau Wakil Presiden; dan menantu Presiden atau Wakil Presiden," dalam pasal 3 poin 3.

Kemudian dalam pasal tersebut juga menjelaskan pengamanan anak dan menantu Presiden dan Wakil Presiden meliputi pengamanan pribadi, kegiatan, dan pengawalan.

Lalu pada pasal 10 menjelaskan pengamanan anak dan menantu di dalam dan luar negeri diselenggarakan oleh Panglima TNI. Pengamanan di dalam negeri dilaksanakan oleh Paspampres dan Satuan Komando Kewilayahan dikoordinasikan dengan Polri. Pengamanan di luar negeri sebagaimana dilaksanakan oleh Paspampres dikoordinasikan dengan Perwakilan Republik Indonesia setempat.

"Ketentuan lebih lanjut mengenai Pengamanan anak dan menantu Presiden dan Wakil Presiden di dalam negeri dan luar negeri ditetapkan oleh Panglima TNI," pada pasal 11. (mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami