Jadi Kluster Covid-19, RSUD Sultan Sulaiman di Sergai Tutup Sementara

Jadi Kluster Covid-19, RSUD Sultan Sulaiman di Sergai Tutup Sementara
PERISTIWA | 7 Agustus 2020 01:04 Reporter : Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumut, memberlakukan lockdown atau penutupan aktivitas sementara (RSUD) Sultan Sulaiman. Kebijakan itu diambil menyusul adanya cluster penyebaran virus corona di fasilitas kesehatan itu.

Lockdown diberlakukan 14 hari mulai hari ini, Kamis (6/8) hingga Kamis (20/8). Keputusan ini telah disampaikan langsung Bupati Sergai, Soekirman, dalam rapat yang diselenggarakan Gugus Tugas di Aula Sultan Serdang, Rabu (5/8).

"Melihat perkembangan situasi yang terjadi saat ini di mana jumlah kasus konfirmasi (positif Covid-19) yang berasal dari kluster RSUD Sultan Sulaiman jumlahnya cukup mengkhawatirkan, maka diputuskan untuk dilakukan lockdown atau karantina sementara terhadap aktivitas pelayanan kesehatan di rumah sakit tersebut," kata Soekirman.

Sebelumnya, 2 tenaga medis di rumah sakit itu terkonfirmasi positif Covid-19. Dokter yang bertugas di sana juga lebih dulu terinfeksi virus corona.

Selain RSUD Sultan Sulaiman, GTPP Covid-19 Kabupaten Serdang Bedagai juga akan mengadakan pembahasan lanjutan terkait situasi di salah satu perusahaan swasta pengolahan ikan di Kecamatan Pantai Cermin. Di perusahaan ini sejumlah karyawannya terkonfirmasi Covid-19. “Untuk meminimalisasi potensi penyebaran lanjutan, kami akan mengadakan pembahasan intensif kepada pihak perusahaan perihal aktivitas produksi di tengah terciptanya cluster baru di perusahaan tersebut,” papar Soekirman.

Dia juga kembali mengingatkan dan mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19. "Ini penting sifatnya untuk memastikan laju pertambahan jumlah korban tidak semakin meninggi," imbaunya.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika sekaligus Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Akmal memaparkan data sebaran Covid-19 terbaru di Kabupaten Sergai. Total kasus Covid-19 di daerah ini mencapai 57 kasus.

"Rinciannya, 1 warga positif Covid-19 meninggal dunia, 21 sedang menjalani perawatan intensif di RS rujukan, serta sebanyak 35 warga sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19," pungkasnya. (mdk/eko)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami