Jadi Komisaris Utama KAI, Said Aqil Pastikan Tetap Kritis

Jadi Komisaris Utama KAI, Said Aqil Pastikan Tetap Kritis
Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj. ©Liputan6.com/Faizal Fanani
PERISTIWA | 4 Maret 2021 17:13 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Said Aqil Siroj dipastikan bakal tetap kritis kendati dirinya mendapatkan posisi strategis di PT Kereta Api Indonesia (KAI) sebagai Komisaris Utama (Komut). Hal itu disampaikan Juru Bicara Pribadi Said Aqil, Muchamad Nabil Haroen, Kamis (4/3).

"Penunjukan Kiai Said sebagai Komisaris Utama PT KAI, tidak mengubah kritik beliau kepada pemerintah. Kiai Said tetap akan kritis, terutama atas hal-hal yang dianggap menyimpang dari kemaslahatan publik (mashlahah 'ammah)," ujar pria yang akrab disapa Gus Nabil itu.

Menurut Gus Nabil, ulama asal Cirebon itu bukan hanya mengkritik, melainkan juga akan mendukung pemerintah jika pemerintah berjalan sesuai relnya. Hal itu juga dianggap sejalan dengan ajaran Islam.

"Kiai Said juga akan mendukung pemerintah dalam program-program yang membela rakyat kecil dan publik secara umum. Sesuai kaidah, tasharruful imam 'ala ar-raiyyah manuthun bil mashlahah, kebijakan para pemimpin seharusnya bertumpu kepada kemaslahatan publik," katanya.

Gus Nabil juga menegaskan bahwa pimpinan PBNU itu bukan ulama yang mencari jabatan. Posisinya sebagai Komut KAI, kata Nabil bukan tanpa alasan, Said Aqil sudah terlatih akan bidang-bidang manajerial.

"Prof KH Said Aqil Siroj bukan tipikal orang yang mencari jabatan. Beliau sudah punya kegiatan yang publik ketahui, mengurus pesantren, NU dan merawat umat. Kiprah Kiai Said tidak lagi diragukan, gagasan dan pemikirannya juga ditunggu publik," pungkasnya.

Seperti diketahui, Said Aqil ditunjuk sebagai Komisaris Utama PT KAI pada Rabu (3/3). Sebelumnya posisi ini diduduki oleh Jusman Syafii Djamal.

Reporter: Yopi Makdori

Sumber: Liputan6.com (mdk/bal)

Baca juga:
Jubir Sebut Said Aqil akan Gunakan Gaji Sebagai Komisaris PT KAI untuk Sedekah
Erick Thohir Angkat Ketum PBNU Said Aqil Siradj Jadi Komisaris Utama KAI
Ketum PBNU Tolak Perpres Investasi Miras: Nanti Bangsa Kita Rusak
Kapolda Metro Ajak Ulama Gabung DAI Kamtibmas untuk Bantu Sosialisasi Prokes
NU Ajak Masyarakat Sukseskan Vaksinasi Covid-19

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami