Jadi Menteri Kelautan dan Perikanan, Trenggono Punya Harta Rp1,9 Triliun

Jadi Menteri Kelautan dan Perikanan, Trenggono Punya Harta Rp1,9 Triliun
Wahyu Sakti Trenggono. ©2019 Merdeka.com/intan umbari prihatin
PERISTIWA | 22 Desember 2020 20:49 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memperkenalkan Sakti Wahyu Trenggono sebagai calon Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo yang terjerat kasus korupsi. Saksi Wahyu merupakan Wakil Menteri Pertahanan (Menhan).

Dalam laman laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang dilaporkan Sakti Wahyu saat menjabat Wakil Menhan, Saksi Wahyu memiliki harta Rp1.947.253.281.442. Harta tersebut dia laporkan pada 16 Januari 2020.

Dalam laman LHKPN, Sakti Wahyu mengklaim memiliki 42 bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Jakarta, Bekasi, Sragen, Cianjur, Buleleng, Boyolali dan Karanganyar. Total nilai tanah dan bangunan yang dimiliki Sakti Wahyu mencapai Rp54.487.473.855.

Sementara untuk harta bergerak, Sakti Wahyu memiliki lima unit mobil yang terdiri dari Audi RS5, Land Rover RR Jeep, Toyota Vellfire, Audi Q3 Jeep dan Mercedes-Benz GLA 200 serta satu unit motor Honda Beat. Secara total kendaraan milik Sakti Wahyu itu senilai Rp6.102.000.000.

Selain itu, Sakti Wahyu memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp16.244.200.000. Harta Sakti Wahyu didominasi surat berharga dengan nilai total mencapai Rp1.667.122.333.700. Tak hanya itu, Sakti Wahyu juga memiliki kas dan setara kas senilai Rp141.741.462.002 serta harta lainnya senilai Rp61.555.811.885.

Sakti Wahyu tercatat tak memiliki utang. Sehingga harta yang dilaporkan Wahyu senilai RpRp1.947.253.281.442.

Diberitakan sebelumnya, jelang reshuffle kabinet, Presiden Jokowi memperkenalkan nama-nama calon menteri yang bakal duduk di sejumlah pos kementerian. Ada enam orang yang bakal dilantik Jokowi pada Rabu (23/12/2020).

"Pada sore yang berbahagia ini saya bersama wapres ingin mengumumkan, menteri menteri baru yang akan duduk di anggota kabinet indonesia maju. Untuk itu saya akan memperkenalkan satu per satu," kata Jokowi di Istana Jakarta, Selasa (22/12).

Dalam pengumuman itu, Jokowi menunjuk Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo. Kursi ini kosong setelah Edhy dicokok KPK terbelit kasus ekspor benih lobster.

"Bapak Sakti Wahyu Trenggono, beliau sekarang ini memegang jabatan wamen pertahanan, sekarang kita kan berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan," kata Jokowi.

Selain Wahyu Sakti Trenggono, ada lima nama lain yang diumumkan Jokowi. Mereka adalah Tri Rismaharini yang ditunjuk sebagai Menteri Sosial, kemudian Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Budi Gunadi Sadikin yang ditunjuk untuk memimpin Kementerian Kesehatan.

Selain itu, Yaqut Chalil Qoumas ditunjuk sebagai Menteri Agama. Dan terakhir Muhammad Lutfi yang diberikan tugas memimpin Kementerian Perdagangan.

Reporter: Fachrur Rozie

Sumber: Liputan6.com (mdk/eko)

Baca juga:
Risma Mengaku Kaget Ditunjuk Jokowi Jadi Mensos
Wahyu Trenggono: Potensi Kelautan dan Perikanan Sangat Besar untuk Kesejahteraan RI
Jabat Menteri Agama, Yaqut Qoumas Janji Wakafkan Diri untuk Bangsa & Negara
Hipmi Soal 6 Menteri Baru: Sudah Tepat, Pemerintah Saat ini Butuh Energi Anak Muda
Ini Jurus Menkes Budi Gunadi Sadikin Tangani Covid-19 di Indonesia
Jadi Menteri Sosial, Tri Rismaharini akan Fokus Perbaiki Data Penerima Bansos

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami