Jadi Mitra Strategis Pemerintah, Wapres Dorong Muslimat NU Perkuat SDM

Jadi Mitra Strategis Pemerintah, Wapres Dorong Muslimat NU Perkuat SDM
PERISTIWA | 29 Oktober 2020 13:56 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Wakil Presiden, Ma'ruf Amin, mendorong Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) melakukan revitalisasi organisasi dengan penguatan sumber daya manusia (SDM). Menurutnya, kehadiran Muslimat NU sangat strategis sebagai mitra pemerintah dalam memberdayakan umat.

"Mengingat tugas yang diemban Muslimat NU demikian besar dan luas dalam membangun kesejahteraan masyarakat, maka Muslimat NU harus terus menguatkan kelembagaannya, jejaringnya, dan jajaran kepengurusannya. Untuk itu diperlukan upaya-upaya revitalisasi dan konsolidasi organisasi serta melakukan penguatan terhadap seluruh perangkat Muslimat NU, termasuk penguatan sumber daya manusianya," kata Ma'ruf dalam acara Rapat Kerja Nasional dan Musyawarah Kerja Nasional Muslimat NU melalui virtual, Kamis (29/10).

Ma'ruf menuturkan, penguatan SDM di dalam organisasi tersebut dapat dilakukan pada sektor-sektor yang sejalan dengan visi pembangunan pemerintah. Salah satunya melalui pembinaan pada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah yang sedang menyiapkan UMKM agar dapat meningkatkan perannya dalam kegiatan ekonomi. Pada saat inilah keberpihakan pemerintah terhadap UMKM yang mayoritas dikelola umat sangat besar," ungkapnya.

Selain itu, Ma'ruf menambahkan, pemerintah akan memperbanyak dan memperluas pendirian Bank Wakaf Mikro. Dia bilang, untuk lembaga keuangan mikro seperti Baitul Maal wat Tamwiil (BMT) dan koperasi Syariah, pemerintah juga akan memberikan dukungan lebih besar untuk pengembangannya ke depan.

"Saya mengharapkan Muslimat NU dapat memanfaatkan seluruh perangkat dan kemudahan yang disediakan pemerintah untuk mengembangkan dan memajukan UMKM," ucapnya.

Sebagai informasi, Muslimat NU merupakan organisasi sosial keagamaan dan kemasyarakatan yang berdiri pada 29 Maret 1946. Badan otonom dari Nahdlatul Ulama ini saat ini memiliki anggota lebih dari 32 juta orang, yang tersebar di 34 provinsi, dan telah berperan aktif di bidang dakwah, kesehatan, pendidikan, ekonomi dan pemberdayaan masyarakat. (mdk/lia)

Baca juga:
Wapres Ma'ruf Ajak Masyarakat Teladani Sifat Nabi Muhammad SAW
Jadi Mitra Strategis Pemerintah, Wapres Dorong Muslimat NU Perkuat SDM
Wapres Harap Muslimat NU Jadi Penangkal dari Setiap Upaya Memecah Belah Bangsa
Wapres: Pemerintah Berkomitmen Beri Pemenuhan Hak Kesehatan Masyarakat saat Pilkada
Wapres Ma'ruf: Jaga Demokrasi Kita, Jangan Sampai Melenceng
Hari Sumpah Pemuda, Ma'ruf Amin Ajak Anak Muda Bersatu Wujudkan Indonesia Maju
Wapres: Peran Pemuda Diperlukan dalam Memutus Penyebaran Covid-19

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami