Jadi Staf Khusus, Billy Mambrasar Ajak Jokowi Bangun Indonesia dari Papua

PERISTIWA | 21 November 2019 20:46 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunjuk pemuda asal Papua, Gracia Billy Mambrasar sebagai salah satu staf khusus. Dia mewakili kalangan milenial. Billy mengajak Jokowi membangun Indonesia dari tanah Papua.

"Saya berkomitmen ke Pak Presiden, pak mari kita bangun Indonesia dari Papua, selama ini membangun Papua dari Indonesia, sekarang membangun Indonesia dari Papua. Itu narasi yang akan kita usung," kata Billy di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (21/11).

Selain itu, Billy bakal membantu kerja Jokowi membuat sistem pemerintahan yang lebih efektif dan efisien. Berbasis teknologi. Billy mengaku sudah sembilan tahun fokus melatih anak-anak muda menjadi enterpreneur.

"Saya akan membawa pengalaman saya untuk membantu presiden dan pemerintah Indonesia untuk menjangkau daerah-daerah terluar secara digital dan mengurangi digital divide. Jadi itu suasana berbeda yang akan kita bawa," jelasnya.

Billy merupakan Pemuda asal Papua yang mendapatkan beasiswa di Universitas Oxford. Di usia 31 tahun, Billy juga mengenyam pendidikan S3 di Universitas Harvard.

"Brilly talenta hebat tanah papua yang kita harapkan bisa berkontribusi dengan gagasan inovatif CEO Kitong Bisa," ucap Jokowi.

1 dari 1 halaman

Cerita Billy Ditunjuk Jadi Stafsus

Ada cerita menarik di balik terpilihnya Billy menjadi staf khusus Jokowi. Rupanya, dia baru mendapat kabar setelah mendarat di Bandara London, Inggris.

"Untuk pertama kalinya dalam hidup, mendarat di sebuah negara setelah 21 Jam terbang/perjalanan non stop, singgah hanya untuk semalam, dan ditelepon disuruh kembali lagi ke Negeri tercinta," jelas Billy yang diceritakan dalam akun Facebooknya.

Lucunya, Billy sempat mengira telepon itu hanya sebuah guyonan. Namun rupanya benar terjadi. Oleh sebab itu, dia terpaksa kembali lagi ke Indonesia.

"Saya sempat mengira bahwa itu prank, ternyata benar. Negara memanggilku untuk kembali. Jadinya hanya numpang mandi dan numpang buang air saja. Ini Jakarta-London sudah macam ruang tamu dan dapur saja. Bolak balik kayak setrika," tambah Billy.

Reporter: Lizsa Egeham
Sumber: Liputan6.com (mdk/noe)

Baca juga:
Wajah-wajah Staf Khusus Milenial yang Dikenalkan Jokowi
VIDEO: Daftar Staf Khusus Baru Jokowi, Ada Nama Putri Tanjung Sampai CEO Ruang Guru
Ini Profil 7 Millenial yang Jadi Staf Khusus Presiden Jokowi
Lesehan dan Santai, Cara Jokowi Kenalkan 7 Staf Khusus Baru dari Kalangan Milenial
Mengenal Sosok Andi Taufan, CEO Amartha yang Jadi Staf Khusus Presiden