Jadi Syarat Penerbangan, 3 Sentra Vaksinasi Booster Dibuka Bandara Soekarno-Hatta

Jadi Syarat Penerbangan, 3 Sentra Vaksinasi Booster Dibuka Bandara Soekarno-Hatta
Penumpang cek in tiket di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. ©2020 Liputan6.com/Angga Yuniar
NEWS | 7 Juli 2022 09:02 Reporter : Kirom

Merdeka.com - PT Angkasa Pura II pengelola 20 bandara di Indonesia, saat ini telah melakukan berbagai persiapan dalam penerapan vaksin booster bagi pengguna perjalanan udara sebagai syarat perjalanan bagi penumpang pesawat.

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II, Muhamad Awaluddin, mengaku bahwa AP II saat ini telah melakukan berbagai persiapan agar ketentuan tersebut dapat diterapkan dengan baik.

"Sesuai arahan Presiden dan Menteri Perhubungan terkait penerapan vaksinasi booster sebagai syarat perjalanan, AP II melakukan berbagai persiapan guna memastikan kebijakan tersebut diterapkan dengan baik di seluruh bandara AP II," kata Awaluddin.

Dia menyebutkan salah satu persiapan yang dilakukan pihaknya saat ini adalah membuka fasilitas sentra vaksinasi booster beserta seluruh sarana dan prasarana di seluruh bandara AP II bagi penumpang pesawat mulai 6-7 Juli 2022.

"Koordinasi telah dilakukan dengan seluruh stakeholder khususnya Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan guna memastikan ketersediaan vaksinasi booster bagi penumpang pesawat," jelas dia.

Dia mengungkapkan untuk sentra vaksinasi booster di Bandara Soekarno-Hatta sudah mulai dibuka pada 6 Juli 2022 yang berada di tiga titik, yaitu Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3.

Sementara itu sentra vaksinasi booster di 19 bandara AP II lainnya dibuka mulai 7 Juli 2022.

"Kebijakan vaksinasi booster sebagai syarat perjalanan saat ini belum diberlakukan. AP II sudah melakukan persiapan dengan membuka sentra vaksinasi booster di seluruh bandara. Ketika kebijakan diberlakukan, maka seluruh bandara AP II sudah siap melayani penumpang pesawat yang membutuhkan vaksinasi booster," ujar Awaluddin.

Menurutnya, keberadaan sentra vaksinasi booster di seluruh bandara AP II juga akan turut mendukung percepatan vaksinasi booster di tengah masyarakat. Sebab, saat ini jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta sekitar 100.000-120.000 penumpang/hari. Sementara di 19 bandara AP II lainnya secara kumulatif berkisar 100.000 penumpang/hari. (mdk/rhm)

Baca juga:
Vaksinasi Booster di Bandung Ditargetkan Capai 50 Persen di Akhir Agustus
Gibran: Antusiasme Warga untuk Vaksin Berkurang, Mengira Covid-19 sudah Selesai
Jakarta PPKM Level 2, Wagub DKI Imbau Masyarakat Percepat Vaksinasi Booster
Vaksin Booster Jadi Syarat Perjalanan Dalam Negeri
PPKM Jabodetabek Level 2, Wagub DKI Imbau Warga Jakarta Segera Booster
Dua Minggu Lagi, Masuk Mal Wajib Vaksin Booster

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini