Jaga Iklim Investasi, Firli Bahuri Pastikan Operasi KPK Berjalan Senyap

Jaga Iklim Investasi, Firli Bahuri Pastikan Operasi KPK Berjalan Senyap
PERISTIWA | 9 Desember 2019 14:42 Reporter : Tri Yuniwati Lestari

Merdeka.com - Ketua KPK Terpilih, Firli Bahuri berpesan pemberantasan korupsi di periodenya akan berjalan tanpa gaduh. Menurutnya, dengan demikian akan ada dampak positif pada iklim usaha dan lapangan kerja yang meningkat.

"Situasi yang aman nyaman dan kondusif akan memberi jaminan iklim usaha, lapangan pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi," katanya lewat siaran pers diterima dalam rangka Hari Antikorupsi Sedunia, Senin (9/12).

Menurutnya, jika diibaratkan menumpang kapal besar (NKRI), maka seluruh penumpangnya tidak boleh gaduh. Sehingga siap dan selamat sampai tujuan walaupun menghadapi ombak, badai serta gelombang.

"Ini dalam menyongsong 100 tahun Indonesia masuk dalam 5 kekuatan ekonomi dunia ( the big five in global economic)," ujarnya.

Firli meyakini, KPK sebagai garda terdepan merupakan tumpuan harapan masyarakat dalam upaya pemberantasan korupsi yang harus melakukan tugas pokoknya. Sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 6 UU No 19 tahun 2019, seperti melakukan pencegahan tindak pidana korupsi, melakukan monitoring atas pelaksanaan program pemerintah dan pelayanan publik, dan melakukan koordinasi dengan seluruh instansi berwenang melakukan pemberantasan.

"Melakukan supervisi, melakukan penyelidikan penyidikan dan penuntutan, melaksanakan keputusan pengadilan dan hakim yg telah memperoleh kekuatan hukum yang tetap merupakan tugas yang tidak akan efektif tanpa bekerja sama," tutupnya.

1 dari 1 halaman

AHY: KPK Jangan Sampai Dilemahkan

Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY menghadiri peringatan Hari Antikorupsi Sedunia atau Harkodia di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (9/12).

AHY menyampaikan harapan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke depannya dapat terus berperan dalam memberantas korupsi. Bukan justru upaya pemberantasan korupsi itu semakin dilemahkan.

"Saya mewakili Partai Demokrat berharap bahwa KPK dapat terus memiliki peran yang penting, jangan sampai dilemahkan. Dan kita berharap ke depan Indonesia menjadi negeri yang semakin bersih, semakin berintegritas. Sehingga pembangunan ke depan juga semakin baik," katanya di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (9/12).

Dalam kesempatan itu, AHY juga mengajak semua pihak untuk sama-sama memerangi korupsi. Sebab, kata dia, itu merupakan tanggungjawab bersama.

"Kita harus melawan korupsi bersama-sama karena itu bukan lah hal yang mudah dan menjadi sebuah sistemik yang harus kita antisipasi bersama sama," tutupnya. (mdk/fik)

Baca juga:
Ketua KPK Terpilih: Makna Hari Antikorupsi Dunia Adalah Keprihatinan Bagi Kita
Komjen Firli Mutasi, Kapolda Sumut Agus Andrianto Promosi Jadi Kabaharkam
Komjen Firli Jabarkan 6 Tupoksi KPK: Demi Indonesia Bebas Korupsi
Polri Pastikan Ada Mutasi Jabatan usai Komjen Firli Bahuri Resmi Jabat Ketua KPK
Komisi III DPR Jamin Ketua KPK Firli Tak akan Tunduk Pada Kapolri
Polri Gelar Kenaikan Pangkat 37 Perwira, Firli Jadi Komjen

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agama Sejatinya Tidak Menyulitkan Umatnya - MERDEKA BICARA with Menteri Agama Fachrul Razi

5