Jaga Stabilitas Nasional Kondusif, Ditjen Polpum Gelar Konsolidasi Demokrasi

PERISTIWA | 3 Juli 2019 14:42 Reporter : Syintia Dewi Samanta

Merdeka.com - Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri melalui Direktorat Politik Dalam Negeri menyelenggarakan acara Forum konsolidasi demokrasi di daerah. Acara ini digelar Grand Mega Resort Kabupaten Badung Provinsi Bali, Hari ini Rabu (3/7).

Sesditjen Polpum Didi Sudiana dalam sambutannya menyampaikan bahwa secara umum situasi dan kondisi stabilitas nasional pasca sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi berjalan kondusif. Menurut Didi, menjaga stabilitas nasional agar tetap kondusif bukan perkara mudah.

"Mewujudkan pelaksanaan pemilu serentak bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah terlebih kompleksitas yang tinggi serta faktor geografis di Indonesia menjadi tantangan tersendiri. Keberhasilan ini tentu di dukung oleh beberapa pihak terlebih pemerintah daerah dalam mensukseskan pemilu serentak ini," ujar Didi.

Ditjen Polpum Gelar Konsolidasi Demokrasi ©2019 Merdeka.com

Menurut Didi, forum ini juga sebagai penguatan dan menyamakan visi terhadap pemerintah daerah dengan pemerintah pusat. "Hal ini guna membangun demokrasi ke arah yang lebih baik, akuntabel serta legitimate," pungkas Didi.

Sementara itu, Direktur Politik Dalam Negeri La Ode Ahmad menambahkan terlepas dari suksesnya pemilu 2019 terdapat hal lain yang menjadi perhatian dan fokus ke depan yakni pilkada serentak tahun 2020 dimana akan ada 270 daerah yang terdiri dari 9 provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota. Di Bali sendiri akan ada 1 kota dan juga 5 kabupaten yang akan menggelar pilkada serentak tersebut.

"Diperlukan langkah dan upaya perencanaan yang lebih komprehensif dan juga mengevaluasi substansi terhadap dinamika kondisi sosial politik yang berkembang di masyarakat sampai saat ini," ujar Laode .

Ditjen Polpum Gelar Konsolidasi Demokrasi ©2019 Merdeka.com

Laode berpesan agar semua pihak senantiasa bahu membahu saling berkerja sama untuk mewujudkan konsolidasi demokrasi pada semua bidang kehidupan sosial politik berupa tegaknya supremasi hukum dan HAM sesuai target RPJMN tahun 2020-2024 yang salah satunya ditandai dengan perbaikan kualitas demokrasi yang merata di setiap daerah. (mdk/hhw)

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.