Jagung Bose, kuliner khas NTT yang wajib dicoba
PERISTIWA » MALANG | 22 Oktober 2015 07:12 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Selain kebudayaan, kekayaan yang dimiliki Indonesia adalah kuliner tradisional. Setiap daerah di seluruh penjuru negeri ini memiliki kuliner khasnya masing-masing. Seperti halnya budaya, kuliner juga harus tetap dilestarikan agar tidak terabaikan seiring perkembangan zaman.

Sejenak, mari kita beranjak dari kebiasaan mengenal dan mengonsumsi kuliner dari kebudayaan barat yang telah merajalela di Indonesia. Kita mencoba mengenal dan melestarikan kuliner tradisional yang tidak kalah nikmatnya dengan kuliner negara lain.

Nusa Tenggara Timur (NTT), merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia yang dikenal luas dengan provinsi jagung. Pangan lokal yang masih terus dilestarikan di daratan timur ini adalah jagung. Jadi wajar saja jika kuliner khas daratan NTT berbahan dasar jagung.

Jagung Bose, itulah nama kuliner khas NTT yang berbahan dasar jagung. Kuliner ini bukanlah satu-satunya kuliner khas NTT. Masih banyak kuliner khas yang lain. Namun, pada kesempatan ini, pembaca akan digiring untuk mengenal lebih jauh apa itu jagung bose dan seperti apa kelezatannya.

Jagung Bose ternyata mengandung karbohidrat yang bisa dijadikan pengganti nasi. Selain jagung, kacang-kacangan seperti kacang tanah dan kacang merah menjadi bahan campuran dalam pengolahan kuliner Jagung Bose. Tidak lupa, santan kelapa ikut menambah cita rasa gurih Jagung Bose.

Selain disajikan dalam acara perhelatan besar di setiap daerah di NTT, Jagung Bose juga masih bisa dijumpai di sejumlah rumah warga. Jagung Bose sering diolah sesuai selera menjadi makanan lezat yang tidak hanya disukai orang-orang dewasa, namun juga anak-anak.

Bagi Anda yang berniat untuk diet, tak ada salahnya jika Anda mencoba mengonsumsi Jagung Bose ini. Cara memasaknya pun lebih mudah dan sangat praktis.

Untuk lebih memahami bahan dan pembuatan Jagung Bose, Ada baiknya Anda mencermati sajian berikut. Bahan utama yang harus Anda persiapkan sebelumnya adalah air secukupnya, jagung tidak manis sesuai selera Anda, kacang merah yang telah direndam semalaman, santan kelapa. Selain itu, Anda bisa menyiapkan garam secukupnya sesuai kebutuhan dan labu manis. Jika Anda ingin menambah daging, itu bisa saja dilakukan selama Anda menyukainya.

Setelah bahan-bahan disiapkan, Anda bisa mulai merebus air hingga mendidih. Masukkan kacang merah, biarkan hingga matang dan empuk. Selanjutnya, jagung dan labu bisa dimasukkan ke dalam air yang mendidih tadi. Apabila semua bahan telah matang, maka Anda harus memasukkan santan dan garam. Biarkan kuah dan bahan menyatu. Setelah nampak menyusut dan empuk, Jagung Bose sudah bisa disantap.

Baca juga:

Mangut Belut dan teh gula batu, tawaran santap siang dari Sleman

Warung Sate Gebug Malang, kedai jadul yang jadi favorit sejak 1920

Agar tempe berkelas, de'Konco sandingkan cokelat dan tempe

Intip pembuatan cokelat tempe, jajanan khas Kota Malang

Lezatnya cokelat tempe de'Konco jajanan khas Malang

5 Tempat makan batagor lezat di Bandung yang layak dikunjungi

(mdk/bal)

TOPIK TERKAIT