Jakarta aman dari banjir sembilan jam ke depan

PERISTIWA | 5 April 2012 18:17 Reporter : Mardani

Merdeka.com - Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta beberapa hari lalu mengakibatkan sejumlah wilayah Ibu Kota terendam banjir. Meski dua hari terakhir hujan tak lagi turun, kemungkinan akan terjadinya hujan tetap ada, karena perubahan cuaca yang tak menentu.

Namun setidaknya Jakarta aman dari banjir dalam sembilan jam ke depan. Sebab ketinggian air di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, mencapai 690 centimeter atau terus menurun dari hari sebelumnya.

"Sekarang tingginya 690 centimeter, terus menurun dari hari sebelumnya," kata petugas Pintu Air Manggarai, Dian kepada merdeka.com, Kamis (5/4).

Selama ini, Pintu Air Manggarai selalu dijadikan indikator terjadinya banjir di Jakarta. Jika ketinggian air melebihi titik normal maka banjir dimungkinkan akan terjadi.

Pintu Air Manggarai dilewati air yang bermula dari Pintu Air Katu Lampa, Bogor, yang melewati Depok, kemudian Manggarai yang seterusnya mengalir ke Banjir Kanal Barat dan Kali Ciliwung. Perjalanan air dari hulu ke Pintu Air Katu Lampa hingga ke Manggarai memakan waktu sekitar sembilan jam.

Menurut dia, ketinggian air saat hujan deras terjadi beberapa waktu lalu mencapai 750 Cm. Angka tersebut terus menyusut seiring tak turunnya hujan. "Waktu itu sempat 750 Cm," kata dia.

Dia mengatakan hingga saat ini belum ada peringatan dari hulu. Artinya, Pintu Air Manggarai dalam keadaan aman.

(mdk/dan)

TOPIK TERKAIT