Jakpro Uji Coba Pengaspalan Track Formula E di Monas

Jakpro Uji Coba Pengaspalan Track Formula E di Monas
PERISTIWA | 22 Februari 2020 16:12 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Gelaran balap mobil listrik Formula E tinggal hitungan bulan. Meski sempat menuai polemik, perhelatan itu akhirnya mendapatkan izin.

Sejumlah persiapan mulai dilakukan. Salah satunya pembuatan lintasan atau track di kawasan Monumen Nasional (Monas).

Pantauan Liputan6.com, Sabtu (22/2), Cobblestone atau batu alam di Monas mulai diaspal. Pengaspalan dilakukan di pintu masuk Monas sisi Timur tepatnya di samping Stasiun Gambir. Pengaspalan sepanjang lebih kurang lebih 15 meter dan lebar 4 meter.

Aspal yang digunakan tampak berbeda. Dari arah pintu masuk menggunakan dua jenis aspal berbeda dan ditumpuk. Sedangkan yang arah Tugu Monas menggunakan lapisan putih sebelum diaspal.

batu alam di monas mulai diaspal

Dikonfirmasi terpisah, Deputy Director Communications Formula E, PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Hilbram Dunar, menyatakan pengaspalan di kawasan Monas, Jakarta Pusat hanya untuk sementara.

Pengaspalan itu baru uji coba untuk menentukan teknik pelapisan paling cocok menutupi cobblestone atau batu alam di kawasan Monas. Uji coba itu kata dia, menggunakan dua metode yang berbeda.

"Sandsheet dan geotextile, untuk menentukan mana yang paling efektif apabila nanti dikembalikan ke cobblestone," kata Hilbram saat dihubungi, Sabtu (22/2).

Dia menyatakan uji coba pengaspalan itu dilakukan sejak, Jumat (21/2/2020) malam. Rencananya, kata dia, aspal itu akan direview hingga beberapa hari ke depan.

"Tanggal 26 Februari akan dilepas kembali," jelasnya.

Baca Selanjutnya: Sebelumnya Berdasarkan video dalam media...

Halaman

(mdk/lia)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami