Jaksa Agung Cari Novum Baru buat Ajukan PK Kasus Kebakaran Hutan

Jaksa Agung Cari Novum Baru buat Ajukan PK Kasus Kebakaran Hutan
PERISTIWA | 21 Juli 2019 15:38 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Jaksa Agung Muhammad Prasetyo mengaku, pihaknya akan membantu Presiden Joko Widodo dalam mengajukan Peninjauan Kembali (PK) atas putusan Mahkamah Agung (MA). PK yang dilakukan itu terkait kasus kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan Tengah.

"Kita akan cari novum hal-hal yang baru yang bisa kita sampaikan. Sehingga nanti dicerna dengan baik oleh pihak pemutus, MA diharapkan putusannya akan berbeda," kata Prasetyo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (21/7).

Dalam melakukan PK, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan beberapa pihak terkait. "Karena jaksa adalah pengacara negara dan kita tentunya akan mewakili negara di dalam," ujarnya.

Ia pun mengungkapkan, apa yang ia lakukan bukan untuk membantu Jokowi secara pribadi. Tapi yang ia bela yakni sebagai pemimpin negara.

"Pak Jokowi kan digugat bukan sebagai pribadi, tapi sebagai pemimpin negara, nah kita harus tampil sebagai pengacara kepala negara dan pemerintahan," ungkapnya.

Seperti diketahui, Mahkamah Agung (MA) menolak permohonan kasasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kasus kebakaran hutan di Kalimantan. Kasus bermula saat terjadi kebakaran hebat pada 2015. Salah satu yang dilanda yaitu Kalimantan. Oleh sebab itu, sekelompok masyarakat menggugat negara. Mereka adalah Arie Rompas, Kartika Sari, Fatkhurrohman, Afandi, Herlina, Nordin dan Mariaty. (mdk/did)

Baca juga:
Kasus Kebakaran Hutan, Pemerintah Didesak Jalankan Putusan Kasasi
Polisi Kembali Amankan 18 Pelaku Penganiayaan Tim Satgas Karhutla di Jambi
Kasus Penganiayaan Tim Satgas Karhutla, Polda Jambi Tetapkan 41 Tersangka
Kasasi Jokowi Soal Kebakaran Hutan Ditolak MA, Menteri Siti Ajukan PK
Istana Pertimbangan PK Usai MA Tolak Kasasi Jokowi Terkait Kebakaran Hutan
Kronologi Penyerangan Anggota TNI Polri di Jambi

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami