Hot Issue

Jaksa Agung dan Jeratan Skandal Pinangki

Jaksa Agung dan Jeratan Skandal Pinangki
PERISTIWA | 25 September 2020 06:06 Reporter : Henny Rachma Sari

Merdeka.com - Nama Jaksa Agung ST Burhanuddin masuk dalam skenario jahat Jaksa Pinangki Sirna Malasari susun rencana pemulangan koruptor Djoko Soegiarto Tjandra.

Dalam action plan, Pinangki menuliskan nantinya Burhanuddin akan menerbitkan surat instruksi yang berisi menindaklanjuti Fatwa MA (Mahkamah Agung) Djoko Tjandra.

Fakta itu terungkap dalam sidang perdana kasus pengurusan Fatwa MA Djoko Tjandra dengan terdakwa Pinangki Sirna Malasari.

Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung, Ali Mukartono mengakui memang muncul nama Jaksa Agung Burhanudin dalam action plan Pinangki. Namun, action plan tersebut tidak dijalankan Pinangki.

"Betul pak nama besar sudah disebutkan dalam surat dakwaan di sana disebutkan bahwa inisial BR adalah Pak Burhanudin itu adalah Pak Jaksa Agung saya. Pak Jaksa Agung tidak pernah menghalang-halangi untuk menyebutkan nama itu," katanya menjawab pertanyaan Komisi III dalam rapat kerja di DPR, Kamis (24/9).

"Dalam action plan ini tidak dijalankan Pinangki oleh karenanya rencana mengajukan fatwa di bulan Desember diputus syaratnya oleh Djoko Tjandra nanti kita tunggu perkembangannya di sidang," jelasnya.

Baca Selanjutnya: Jaksa Bodoh Tawarkan PK ke...

Halaman

(mdk/rhm)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami