Jaksa Agung Sebut Tetap Independen meski Dikasih Gedung oleh Pemkot Tangsel

PERISTIWA | 17 Januari 2020 15:04 Reporter : Kirom

Merdeka.com - Kejaksaan Agung mendapat hibah tanah dan bangunan dari Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Menyikapi hal tersebut, Jaksa Agung Burhanudin memastikan tetap independen dalam penindakan hukum terhadap aparatur Pemkot Tangsel yang melanggar hukum.

"Tentunya ini adalah sebagai kontribusi penegakan hukum bukan hanya milik Kejaksaan. Inilah wujud sinergitas antara pemerintah kota dengan Kejaksaan. Tapi tetap independen, kita tetap independen meski dikasih gedung," ujar Burhanudin di Kantor Kejari Tangsel di Jalan Promoter, Kecamatan Serpong, Jumat (17/1).

Kantor Kejaksaan Negeri Tangsel dibangun di atas lahan 9.600 meter persegi. Bangunan berlantai 4 ini berada persis di samping Mapolres Tangsel.

Dalam pembangunannya, gedung Kejari Tangsel menelan anggaran pendapatan dan belanja Daerah (APBD) tahun 2019 dengan besar anggaran Rp42.076.040.000.

Selain ruang perkantoran, Gedung Kejari ini juga dilengkapi sel untuk kapasitas 30 tahanan.

Sementara Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany dalam sambutannya mengungkapkan, keberadaan Kejaksaan dalam suatu bagian pemerintah daerah sangat dibutuhkan. Terutama dalam melayani bidang hukum penuntutan dan keperdataan.

"Kejaksaan Negeri sebagai bagian dari unit instansi vertikal Pemerintah Pusat yang ada di daerah, dalam pelaksanaan peran kelembagaannya tentu perlu saling mendukung dengan pemerintah daerah dan instansi lainnya. Dengan demikian peran Kejaksaan Negeri Tangsel memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menunjang keberhasilan pemerintah kota dalam menjalankan urusan pemerintahan dan pembangunan," ucap Airin. (mdk/cob)

Baca juga:
Kejagung Periksa Pejabat PT Hanson International Terkait Kasus Korupsi Jiwasraya
Kasus Jiwasraya, Kejagung Sita Mobil dan Sertifikat dari Tersangka Syahwirman
Daftar Kendaraan Mewah Milik Tersangka Korupsi Jiwasraya Disita Kejagung
Kejagung Blokir Rekening Kustodian Tersangka Korupsi Jiwasraya
Komisi III Panggil Jaksa Agung Terkait Jiwasraya
Jaksa Agung: Berkas Tragedi Jambo Keupok Dikembalikan ke Komnas HAM

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.