Jaksa Agung tunggu salinan putusan pengadilan buat eksekusi Ahok

Jaksa Agung tunggu salinan putusan pengadilan buat eksekusi Ahok
Jaksa Agung. ©2016 Merdeka.com
PERISTIWA | 9 Juni 2017 16:03 Reporter : Juven Martua Sitompul

Merdeka.com - Jaksa Agung M Prasetyo belum memutuskan tempat penahanan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang saat ini di Mako Brimob, Kepala Dua, Depok. Alasannya, pihaknya masih menunggu salinan putusan vonis Ahok dari Pengadilan.

"Kita tunggu nanti salinan putusan dari pengadilan, begitu surat sudah diterima dari pengadilan ya sudah kita lakukan pelaksanaan putusannya," kata Prasetyo di Kejagung, Jakarta, Jumat (9/6).

Namun, penetapan untuk melakukan penahanan terhadap Ahok diakui Prasetyo sudah ada. Hanya saja, sebelum melakukan eksekusi, pihaknya harus menerima salinan putusan dari Pengadilan.

"Jadi kemarin penetapannya sudah ada hanya saja masih penetapan untuk melakukan penahanan tinggal nanti eksekusinya," ujar dia.

Ditanya apakah nantinya Ahok akan dieksekusi ke Cipinang atau Salemba, Prasetyo masih belum mau berkomentar. Dikatakan dia, Kejagung akan menerima masukan dari pihak manapun termasuk, dari tim kuasa hukum Ahok.

Di mana tim kuasa hukum Ahok tidak ingin kliennya ditahan di Cipinang dengan alasan keselamatan tidak aman. Menurut Prasetyo, permintaan itu akan menjadi pertimbangan pihak Kejagung.

"Jadi beberapa masukan seperti itu juga harus kita pertimbangkan, kalau betul enggak aman masa kita paksakan, kalau ada apa-apa juga nanti banyak pihak bertanggung jawab nanti tetapi tidak ada perlakuan istimewa untuk setiap kita melaksanakan putusan pengadilan," ucap dia.

"Nah nanti semuanya karena ini masalah penempatan, itu bukan kewenangan kejaksaan, itu kewenangan dari Dirjen lapas, Kememkum HAM, bukan kompetensi dari kita untuk menentukan dimana menempatkan," pungkas Prasetyo. (mdk/eko)

Baca juga:

Jaksa Agung beri sinyal batalkan banding kasus Ahok

Babak akhir kasus Ahok di tangan Jaksa Agung

Jaksa telah cabut banding atas vonis Ahok

Ini alasan Jaksa cabut banding atas vonis Ahok

Kakak angkat sebut Ahok di penjara jadi ganteng karena berolahraga

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami