Jalan Pengabdian Iptu Minarmi di Tengah Pandemi

Jalan Pengabdian Iptu Minarmi di Tengah Pandemi
Paurkes Bagsumda Polres Kediri Kota Iptu Minarmi (tengah). Istimewa
PERISTIWA | 18 April 2021 05:32 Reporter : Imam Mubarok

Merdeka.com - Ini semua berawal dari tanggung jawab, sebab tugasnya merupakan peran penting yang tidak bisa diremehkan. Keamanan wilayah, peran lainnya yang diembang oleh ASN di lingkungan kepolisian bisa berjalan maksimal jika ditunjang oleh kesehatan anggota.

Apalagi saat wabah pandemi Covid-19, banyak polisi yang terpapar termasuk keluargnya. Dia adalah orang yang wajib tahu terlebih dahulu, hingga melakukan tracing untuk memutus penyebaran Covid-19 bersama anggota yang selalu setia menemani.

Dibandingkan tugas-tugas di tahun sebelumnya, setahun terakhir ini ia harus berjibaku siang malam tidak kenal waktu. Pulang ke rumah pun tidak lama, semua demi tanggung jawabnya sebagai Perwira Urusan Kesehatan (Paurkes) Bagsumda Polres Kediri Kota.

Dia adalah Iptu Minarmi, lulusan Sekolah Perawat Kesehatan yang akhirnya menjadi seorang polisi wanita.

Lahir di Surabaya 1963, ibu dua anak ini masuk kepolisian lewat Caba Umum tahun masuk 1986-1987 di Polda Jatim dan menempuh pendidikan di Ciputat Jakarta.

Selain menjadi Paurkes, perempuan berambut keriting dan selalu nampak strong ini juga menjabat sebagai Ketua Klinik Pratama (Fasilitas Kesehatan Tingkat I) Polres Kediri Kota, yang berada di Jalan Hasanudin 31 Kota Kediri.

"Setahun ini memang fokus dari Paurkes adalah kesehatan anggota. Anggota dan ASN banyak yang terpapar Covid-19. Ini tanggung jawab saya dan anggota Paurkes untuk memutus penyebaran Covid-19 melalui tracing dan terus mengkampanyekan 5 M. Semua harus sehat dan saya mengawasinnya terus," kata Iptu Minarmi kepada merdeka.com belum lama ini.

Dua jabatan yang dia emban pun masih ditambah oleh Kapolres Kediri Kota AKBP Eko Prasetyo, Iptu Minarmi ditunjuk sebagai Ketua Seksi Rehabilitasi anggota Polres Kediri Kota yang terpapar Covid-19.

Tugas itu diberikan dalam rangka pencegahan penularan Covid-19 di Polres Kediri Kota yang terdiri dari delapan Polsek. Yakni tiga Polsek urban dan lima Polsek rural dengan anggota lebih dari 1.000 personel.

Tugas yang diemban, Iptu Minarmi secara rutin melaksanakan rapid test maupun rapid antigen serta tindak lanjut dengan swab PCR kepada anggota yang memiliki indikasi gejala Covid-19.

Dalam mewujudkan personel Polri yang sehat, yang bersangkutan memiliki tugas melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala setiap semester sekali.

"Alhamdulillah sejak divaksin sebulan lalu, penurunan sudah drastis. Hingga saat ini hanya delapan anggota yang isolasi mandiri dan satu dirawat di RS Bhayangkara Kota Kediri. Padahal sebelumnya setiap minggu ada," tandasnya.

Tugas-tugas yang dia emban muarannya adalah mewujudkan personel Polri yang sehat. yang bersangkutan memiliki tugas melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala setiap semester sekali.

Mulai pemeriksaan fisik dan pemeriksaan laboratorium anggota Polres Kediri kota dan jajarannya.

Dalam rehabilitasi dan penanganan anggota yang sakit, dilakukan tindakan kuratif berupa pengobatan yang dilakukan oleh Urkes bekerja sama dengan Rumah Sakit Bhayangkara Kediri.

Untuk meningkatkan pelayanan prima kepada anggota yang sakit, dilakukan kegiatan kunjungan ke rumah (home visit) secara periodik setiap 2 minggu sekali, dengan sasaran anggota Polres Kediri Kota yang memiliki sakit kronis.

Sedangkan bagi anggota Polres Kediri kota yang dirawat di rumah sakit Bhayangkara, yang bersangkutan melakukan kunjungan ke rumah sakit Bhayangkara sekaligus memberikan support atau dukungan mental serta memberikan bingkisan. (mdk/cob)

Baca juga:
Riza Sativa, Kapolsek di Wilayah Sejuta Ormas yang Pernah Bercita-cita Jadi Hakim
Kapolda Papua Minta TNI-Polri Tak Terpancing Ulah KKB
Polri Siap Dukung Satgas agar Pemulihan Hak Tagih Kasus BLBI Lebih Cepat
Polisi Sudah Periksa 26 Saksi dan 3 Ahli Terkait Kasus Sadikin Aksa
Kabaharkam Polri Imbau Tak Ada Aksi Sweeping Selama Bulan Puasa

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami