Jalan Tol Khusus Truk Tambang dari Serpong ke Rumpin Bogor akan Dibangun Tahun Depan

Jalan Tol Khusus Truk Tambang dari Serpong ke Rumpin Bogor akan Dibangun Tahun Depan
jalan layang non-tol. merdeka.com/Imam Buhori
PERISTIWA | 2 Maret 2021 21:14 Reporter : Rasyid Ali

Merdeka.com - Pembangunan jalan tol mulai dilirik pemerintah untuk dilalui kendaraan pengangkut tambang dari dan ke Serpong, Banten-Rumpin, Kabupaten Bogor.

Hal ini dilakukan menghindarkan kendaraan bertonase besar untuk berbagi jalan dengan masyarakat. Selain itu, jalan yang kerap dilalui truk tronton seringkali rusak.

Analis Lalulintas Dinas Perhubungan Jawa Barat, Yudi Rahmat mengungkapkan, Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) siap mengambil alih polemik ini.

"Ada kabar dari BPJT bahwa nanti akan ada jalan tol dari Serpong ke Rumpin. Khusus kendaraan pengangkut material tambang," kata Yudi usai rapat bersama sejumlah pejabat Kabupaten Bogor, Selasa (2/3).

Yudi mengatakan, pembangunan jalan tol merupakan pilihan yang diberikan BPJT kepada Pemprov Jabar dan Pemkab Bogor, agar lalu lintas warga tidak lagi terganggu.

"Nanti truk tambang lewat jalan tol, tidak lagi melintasi pemukiman warga. Rencananya Maret 2022 mulai dilelang," kata Yudi.

Sementara Kepala Bagian Administrasi Pembangunan (Adpem) Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, Ajat R Jatnika menjelaskan, Pemkab Bogor sudah lama ingin ada jalan khusus angkutan tambang.

"Kita sudah punya perencanaan. Masing-masing instansi sudah punya rencana dan bahkan sudah memiliki DED. Insha Allah 2022 mulai dibangun," kata Ajat. (mdk/gil)

Baca juga:
Wali Kota Baru Samarinda Temui Gubernur, Kebersihan Kota dan Jalan Rusak Disorot
Jalan Nasional di Gresik Tiba-tiba Menggelembung, Begini Fakta di Baliknya
Ruas Jalan di Pantai Utara Karawang Ambles Terkikis Abrasi, Akses Warga Terputus
Pascabanjir, 1.555 Titik Jalan di Jakarta Timur Diperbaiki
Jembatan Termanu Rusak, Akses Transportasi di Amfong Kupang Terputus
CEK FAKTA: Hoaks Jalan Amblas di Kawasan Songgoriti Malang

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami