Jalan Underpass Kentungan Ambles Diduga karena Dilintasi Kendaraan Berat

PERISTIWA | 24 Juli 2019 17:18 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Jalan underpass Kentungan yang berada di Ringroad, Kabupaten Sleman ambles pada Selasa (23/7). Amblesnya jalan ini menyebabkan dua kendaraan yaitu truk dan mobil Land Rover seri Defender terperosok dan terguling ke tebing jalan sedalam lebih kurang dua meter.

Amblesnya jalan di proyek underpass Kentungan ini diduga karena ada muatan kendaraan berlebih. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kepala Divisi Operasi 1, PT Istaka Karya selaku kontraktor proyek underpass Kentungan, Wirawan.

Wirawan menerangkan jika amblesnya jalan di proyek underpass diduga karena overload muatan kendaraan. Wirawan menerangkan jika ruas jalan Kentungan yang sedang dalam proses pengerjaan underpass seharusnya jalan hanya dilewati oleh mobil-mobil berukuran kecil. Kendaraan seperti truk dan bus, sambung Wirawan dilarang untuk melintas.

"Kalau penyebab ambles ya overload. Pasti ada beban yang tidak kita duga atau kita perhitungkan lewat di situ. Sekarang ini (jalan di simpang empat Kentungan) kita peruntukkan mobil kecil tapi kan yang lewat truk. Kemudian muatannya kayu penuh. Itu kan lebih berat daripada mobil kendaraan biasa," ujar Wirawan, Rabu(24/7).

Wirawan menjelaskan usai jalan ambles di proyek underpass, pihak kontraktor melakukan langkah antisipasi. Langkah ini diantaranya dengan melakukan penguatan dinding tebing proyek underpass Kentungan.

"Sementara ini agar tidak terjadi longsoran lagi lokasi kejadian kemarin langsung kita amankan dengan timbunan. Kita perkeras lagi. Sehingga kejadian tidak terulang lagi," papar Wirawan.

Wirawan menambahkan bahwa jalan yang ambles bukanlah bagian utama dari underpass Kentungan. Wirawan menguraikan jika jalan yang ambles adalah di bagian ram underpass yang memang sedang dalam proses pengerjaan dinding penahan tanah.

"Ini sebenarnya lokasinya bukan di main boksnya underpass jadi pas posisi di ram itu. Ram itu harus ada dinding penahan tanahnya itu yang sedang kerjakan," tutup Wirawan. (mdk/eko)

Baca juga:
Land Rover Berpelat Australia Terperosok di Proyek Underpass Kentungan
Jalan Raya Sawangan Ambles
2 Bulan Mandek, Berkas Kasus Jalan Gubeng Ambles Diserahkan ke Kejati Jatim
Jembatan Pematang Panggang Putus, Jalan Lintas Timur Ditutup Selama 2 Pekan
Jembatan Pematang Panggang Ambles, Lalu Lintas Lampung-Sumsel Terputus
Putra Wali Kota Risma Dipanggil Penyidik Polda Jatim Terkait Kasus Gubeng

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.