Jalani operasi, Cawagub Kaltim Nusyirwan Ismail terkena stroke

Jalani operasi, Cawagub Kaltim Nusyirwan Ismail terkena stroke
Pasangan Andi Sofyan Hasdam-Nusyirwan Ismail (kanan). ©2018 Merdeka.com/Nur Aditya
PERISTIWA | 24 Februari 2018 13:20 Reporter : Nur Aditya

Merdeka.com - Cawagub Kalimantan Timur Nusyirwan Ismail, dua hari ini masih dirawat intensif di RSUD AW Sjahranie, di Samarinda. Dia dipastikan terkena stroke, yang disebabkan pecahnya pembuluh darah di kepalanya.

Tim dokter spesialis yang terdiri dari 8 dokter anastesi, penyakit jantung, penyakit dalam, saraf dan bedah syarat, rampung melakukan operasi terhadap Nusyirwan, Jumat (23/2) malam kemarin.

"Pak Nusyirwan sudah dioperasi malam tadi. Ada pendarahan dalam kepalanya, dan sudah dikeluarkan. Memang ada pembuluh darah yang pecah di kepalanya. Sekarang lagi diistirahatkan," kata Direktur RSUD AW Sjahranie dr Rachim Dinata SpS, dikonfirmasi wartawan, Sabtu (24/2).

Rachim menerangkan, saat ini, fisik Nusyirwan sedang diistirahatkan oleh tim medis. "Sekarang diistirahatkan, dibuat tidur. Dala anastesi istilahnya knock down. Kalau lagi tidak tidur, sadar atau tidak, belum tahu. Itu kewenangan tim (medis)

Ditanya lebih jauh merdeka.com perihal peluang kesembuhan Nusyirwan, yang mengambil cuti sebagai Wakil Wali Kota Samarinda itu, Rachim tidak ingin berandai-andai. "Kalau itu serahkan saja sama yang di atas. Saya nggak berani, kita sudah usaha semaksimal mungkin. Kita berdoa saja, mudah-mudahan yang terbaik. Semua sudah maksimal," terang Rachim.

Rachim juga menerangkan, banyak kemungkinan yang menyebabkan Nusyirwan mengalami pembuluh darah pecah. "Susah dideteksi penyebabnya. Itu kan stroke. Penyebabnya bisa tekanan darah tinggi, bisa karena pembuluh darahnya memang rapuh, sehingga pecah di daerah kepalanya," ungkap Rachim.

Merdeka.com, kembali memastikan penyakit yang diderita Nusyirwan untuk memastika kesimpangsiuran. Sebab, sempat dikabarkan dia terkena stroke. "Iya, namanya stroke. Stroke kan ada 2 macam. Akibat penyumbatan pembuluh darah, dan pecahnya pembuluh darah. Pak Nusyirwan ini karena pecahnya pembuluh darah," tegasnya.

"Pak Nusyirwan sudah difoto, di-CT Scan juga sudah. Malam tadi, juga sudah dibuka, dikeluarkan darahnya," kata Rachim.

Diketahui, Nusyirwan Ismail, jatuh sakit usai sarapan pagi, Jumat (24/2) pagi kemarin, saat berada di Muara Muntai, Kutai Kartanegara, dalam rangka kampanye, bersama pasangannya, Cagub Andi Sofyan Hasdam. Sofyan Hasdam menyebut pasangannya itu mengalami tekanan darah tinggi, dan akhirnya dilarikan ke RSUD AW Sjahranie di Samarinda. (mdk/bal)

Baca juga:
Tekanan darah tinggi, Cawagub Kaltim Nusyirwan dirawat di RSUD Sjahranie
Diduga kelelahan, Cawagub Kaltim Nusyirwan Ismail sakit usai sarapan
IJTI Kaltim bantah ada kericuhan jurnalis televisi saat pleno KPU
Pengundian nomor urut 4 paslon Pilgub Kaltim diwarnai ricuh jurnalis televisi
Kapolda Kaltim ingatkan Pilkada pilih gubernur bukan tokoh etnis

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami