Jalur Pendakian Gunung Paling Ekstrem di Indonesia, Kanan Kiri Jurang

PERISTIWA | 9 Juli 2019 05:35 Reporter : Desi Aditia Ningrum

Merdeka.com - Indonesia negara yang memiliki banyak gunung. Dari sejumlah gunung yang ada di Indonesia, beberapa di antaranya mempunyai jalur pendakian yang ekstrem.

Para pendaki harus melewati jalanan terjal dan melewati jurang-jurang untuk bisa mencapai puncak gunung-gunung berikut ini. Tak cuma itu, hutan belantara yang berisi hewan buas pun mesti ditaklukan oleh mereka. Gunung apa saja yang jalur pendakiannya ekstrem? Berikut ulasannya:

1 dari 4 halaman

Gunung Raung

Gunung Raung mempunyai jalur pendakian yang sangat ekstrem. Untuk mencapai puncak pendaki mesti melewati jurang yang dalam dan tebing curam.

Tak cukup sampai di situ pendaki juga harus menyeberang dari tebing satu ke tebing lainnya. Yang membuat jantung pendaki paling deg-degan saat mendaki tebing dengan seutas tali hanya untuk mencapai puncak.

Ini bagian yang paling menebarkan. Di mana banyak yang bilang di atas tali itu para pendaki bertaruh nyawa saking ekstremnya. Namun bagi yang senang dengan petualangan hal itu menjadi sebuah tantangan yang perlu ditaklukan.

2 dari 4 halaman

Gunung Cartenz Pyramid

Salah satu jalur pendakian yang ekstrem di Indonesia ialah Gunung Cartenz. Gunung ini dikenal ekstrem lantaran dipenuhi batuan tebing terjal. Bagi para pemula ini cukup menakutkan bila ingin bisa mencapai puncak.

Ditambah lagi cuacanya yang ekstrem membuat pendakian semakin menantang. Saking ekstremnya pendakian Cartenz ini dikabarkan beberapa nyawa melayang. Oleh sebab itu, jika berencana mendaki puncak cartenz harus melakukan berbagai persiapan yang matang. Baik mental, fisik dan juga biaya.

3 dari 4 halaman

Gunung Arjuno

Bagi para pendaki, Gunung Arjuno salah satu gunung yang punya jalur pendakian cukup ekstrem. Jalur ekstrem itu bukan banyaknya jurang atau tebing curam, tapi terdapat di hutan Lali Jiwo. Hutan ini dikelilingi pohon pinus dan cemara yang sangat besar.

Kabarnya hutan Lalo Jiwo bikin para pendaki tersesat dan bingung dengan arah tujuannya. Yang paling mengejutkan bikin pendaki lupa dengan segalanya, bahkan diri sendiri. Jalur itu, bagian paling ekstrem menjadi daya tarik Gunung Arjuno.

4 dari 4 halaman

Gunung Leuser

Hampir sama dengan Gunung Arjuno, jalur pendakian Gunung Leuser juga mesti melewati hutan lebat. Hutan di Gunung ini dipenuhi oleh binatang-binatang buas yang bisa aja muncul di hadapan pendaki.

Sama dengan melewati jurang dalam, bertemu binatang buat juga bikin jantung berdebar. Oleh karena itu hutan ini salah satu sisi ekstrem Gunung Leuser. (mdk/has)

Baca juga:
Fakta-Fakta Penyebab Meninggalnya Thoriq di Gunung Piramid
Thoriq, Pendaki yang Meninggal di Gunung Piramid Bercita-cita Ingin Menjadi TNI
Keluarga Berencana Makamkan Jenazah Toriq Pendaki Gunung Piramid di Sidoarjo
Medan Terjal, Tim SAR Gabungan Evakuasi Jasad Toriq Secara Estafet
Tim Pencari Pendaki Hilang di Gunung Piramid Bondowoso Temukan Jenazah di Jurang
Potret Wanita Penjaga Pegunungan Alpen