Jalur Pendakian ke Gunung Cikuray Kebakaran

PERISTIWA » BANYUWANGI | 13 Oktober 2019 21:05 Reporter : Mochammad Iqbal

Merdeka.com - Jalur pendakian menuju gunung tertinggi di Kabupaten Garut (Gunung Cikuray) mengalami kebakaran. Tidak hanya jalur pendakian, perkebunan yang ada di sekitar pun terbakar dan hingga saat ini proses pemadaman sedang dilakukan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan, menyebut bahwa terbakarnya kawasan Gunung Cikuray terjadi sejak Minggu (13/10) sore.

"Mulai terbakar sekitar pukul 17.10 Wib. Yang terbakar ini masuknya wilayah Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut," ujarnya, Minggu (13/10).

Berdasarkan laporan yang diterima, kata Tubagus, yang terbakar adalah jalur pendakian dan kebun di sekitar Gunung Cikuray. Jarak lokasi kebakaran ke perkampungan warga sekitar 5 kilometer.

"Proses pemadaman sedang dilakukan hingga malam ini. Posisi kebakaran terus meluas karena angin berembus cukup kencang sehingga cukup sulit dipadamkan dan akses ke sana juga cukup sulit memang," katanya.

Menurut Tubagus, proses pemadaman saat ini tengah dilakukan pihaknya bersama Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Garut masyarakat dan volunteer Gunung Cikuray.

"Tadi saya menerima informasi juga Muspika Bayongbong menurunkan tim ke lokasi kebakaran untuk memadamkan api karena khawatir merembet ke perumahan warga. Dari Koramil Bayongbong sejumlah anggota TNI informasinya saat ini sedang menuju lokasi kebakaran, juga dari Polsek," ucapnya.

Baca juga:
Lereng Gunung Lawu dan Bancak Terbakar
Area Kebakaran di Gunung Arjuno Makin Luas, Dibutuhkan Tambahan Personel Pemadaman
Hutan Papandayan Terbakar, Wisatawan dan Pendaki Diimbau Waspada
BPBD Banyuwangi: Tidak Ada Pemadaman Kebakaran di Gunung Raung
8 Hektar Hutan di Anakan Gunung Lawu Terbakar
Hutan di Lereng Gunung Sumbing Terbakar

(mdk/lia)