Jalur Puncak Ditutup pada Tahun Baru, Polda Jabar Siapkan Jalur Alternatif

Jalur Puncak Ditutup pada Tahun Baru, Polda Jabar Siapkan Jalur Alternatif
PERISTIWA | 19 Desember 2019 21:03 Reporter : Aksara Bebey

Merdeka.com - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) memastikan jalur wisata Puncak akan ditutup untuk kendaraan bermotor saat malam tahun baru. Polda Jabar menyiapkan penyekatan untuk mengantisipasi kemacetan di sekitar wilayah tersebut.

Dirlantas Polda Jabar, Kombes Eddy Djunaedi mengatakan, penutupan untuk car free night di jalur puncak dilakukan pada 31 Desember 2019 pukul 18.00 WIB sampai 1 Januari 2020 pukul 06.00 WIB.

Adapun jalur alternatif yang disediakan adalah Cibubur-Cianjur via Jonggol dengan rute Cibubur-Cileungsi-Jonggol Cariu-Cikalong-Cianjur. Jarak tempuh sejauh 86,1 km dengan waktu tempuh 2 jam 45 menit.

Jalur alternatif kedua yakni Ciawi-Cianjur via Sukabumi dengan rute Ciawi-Cicurug-Cibadak-Kota Sukabumi-Cianjur dengan jarak tempuh 88,6 km dan waktu tempuh 3 jam 41 menit.

1 dari 1 halaman

"Kami menyiapkan skenario ya kemungkinan besar akan sama seperti (tahun) kemarin. Akan ada penyekatan-penyekatan, ya mudah-mudahan kalau tahun kemarin bisa bagus sekarang juga diharapkan lebih bagus," katanya di Lapangan Gasibu, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (19/12).

Untuk masyarakat yang ingin menuju ke Puncak, pihaknya sudah berkoordinasi dengan instansi terkait angkutan. Adapun angkutan yang disiapkan di Terminal Baranangsiang Bogor antara lain 354 armada bus AKAP di 28 PO dan 310 armada bus AKDP di 27 PO.

"Kemarin sudah dibicarakan dengan instansi terkait pemerintah daerah mudah-mudahan ada dimungkinkan untuk itu (shuttle bus) biar lebih enak menuju puncak," tutupnya. (mdk/fik)

Baca juga:
BPTJ Siapkan Skema Lalu Lintas Antisipasi Kemacetan di Puncak Saat Tahun Baru
Warga Cisarua Terisolir, Gerindra Desak Jalur Puncak II Segera Dibangun
7 Desember, Sistem 2-1 Kembali Diterapkan di Jalan Raya Puncak Bogor
Ibu Hendak Melahirkan Terjebak Macet, Masalah di Jalur Puncak Sangat Serius
Di Rakornas, Bupati Bogor Minta Kementerian PUPR Bangun Jalur Puncak II
Biasa Satu Jam, Butuh Waktu 12 Jam dari Pintu Keluar Tol Ciawi ke Cianjur

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami