Jambret di Hayam Wuruk Diringkus Polisi, Aksinya Terekam Kamera Warga

Jambret di Hayam Wuruk Diringkus Polisi, Aksinya Terekam Kamera Warga
PERISTIWA | 18 Juni 2020 20:26 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Polres Metro Jakarta Barat membekuk dua pelaku penjambretan di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Barat yang sempat terekam kamera warga.

Aksi penjambretan tersebut sempat viral pada 15 Juni 2020 lalu. Sementara korban baru melapor pada 16 Juni kemarin.

"(Rabu) 17 (Juni) dini hari ditangkap, pelaku bersembunyi di daerah Jakpus. Dua pelaku ini salah satu jokinya bekerja sebagai pengemudi ojek di wilayah tersebut. Sehingga mengetahui jalur dan karakteristik wilayah," kata Kasat Reskrim Polres Jakarta Barat, Kompol Teuku Arsya, Kamis (18/6).

Arsya menyebut, dari video terlihat pelaku menggunakan motor beat hitam dan mengambil gawai pengendara truk yang berhenti karena kemacetan.

Diketahui, kedua tersangka sebelum melakukan aksinya, sudah berputar 10 kali untuk membaca situasi dan mencari target penjambretan mereka.

"Memang pada saat itu terlihat ada kelengahan korban juga. Pada saat menggunakan telepon korban membuka kacanya di tengah kemacetan sehingga korban tak memungkinkan mengejar pelaku," katanya.

Dikatakan Arsya, pelaku memang sudah sering melakukan tindak pidana penjambretan. Untuk lokasi operasinya, kata dia mereka sering berpindah-pindah di beberapa lokasi di wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Timur.

"Mereka selalu melakukan berdua dan melakukan tindakan itu di jam macet. Karena mereka menilai, korban mengejar mereka kecil," ujarnya.

Sementara itu barang bukti yang berhasil diamankan berupa satu buah helm abu-abu merek Ink yang terekam dalam video yang sempat viral. Kemudian helm hitam Yamaha, sepatu, sendal, sweater dan ponsel korban.

Polisi pun mengimbau agar warga berhati-hati saat berkendara, utamanya kala terjebak macet di jalan.

"Para pengendara diimbau untuk tidak menggunakan hp saat menunggu antrean," tandas Arsya.

Baca Selanjutnya: Video Sempat Viral...

Halaman

(mdk/rhm)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami